SITE STATUS
Jumlah Member :
484.344 member
user online :
1947 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Telat 18 hari testpack (-)




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Telat 18 hari testpack (-)
Oleh :


assalamualaikum dok, mohon penjelasan u/ masalah saya dok, sebelumnya saya jelaskan dulu, hari ini saya telat menstruasi sudah 18 hari, waktu telat 5hari perut saya kram n mual selama 2 hari, dan sekarang saya hanya merasakn perut begaa dan suka sakit di bagian bawah perut, terus payudara saya skrg jga terasa sakit n' sedikit membengkak, padahal waktu telat 2 mggu saya coba testpack hasilnya (-), tapi skrg saya merasakan perut smakin membesar dan keras bila di tekan. apa ada kemungkinan kalo saya hamil namun blm terdeteksi oleh testpack ya dok ??
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaykumussalam bunda Vhedio,

Kehamilan memang ditandai dengan adanya keterlambatan haid, rasa mual, perubahan pada payudara, seperti yang bunda rasakan saat ini. Tetapi untuk memastikan adanya kehamilan tentunya harus dilakukan tes kehamilan, dengan menggunakan tes pack dan dengan menggunakan USG. 



Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan haid, dan tidak semuanya mengarah pada kehamilan. Faktor tersebut antara lain adalah masalah kesehatan fisik seperti terlalu capek, kondisi fisik yang tidak fit, serta masalah hormonal, dan penyebab yang cukup mengkhawatirkan adalah adanya penyakit dirahim seperti miom atau kista. Disarankan bunda untuk melakukan rileksasi secara fisik dan mental. Bila siklus haid tidak kunjung datang, lakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan testpack, bila hasilnya tetap negatif sebaiknya periksakan keluhan bunda pada dokter spesialis kebidanan, agar mendapatkan terapi dan tindakan yang sesuai.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman