SITE STATUS
Jumlah Member :
482.163 member
user online :
2447 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Wasir bisakah lahir normal




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wasir bisakah lahir normal
Oleh :


Selamat pagi, Ibu Yustianti. Sekarang saya sudah hamil sekitar 17 minggu dan saya baru menyadari kalau saya mengidap wasir. Wasir sudah dalam posisi keluar. Tapi alhamdulillah, selama kehamilan tidak mengalami sembelit. Saya dengar kalau ibu hamil penderita wasir beresiko tinggi melahirkan secara normal. Apakah benar begitu, Ibu bidan? Terima kasih.
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda,

Wasir yang biasa disebut ambeien atau istilah medisnya hemoroid sebetulnya merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena beserta jaringan disekitarnya. Pada saat hamil sirkulasi darah dalam tubuh ibu meningkat sehingga vena - vena ibu membesar, begitu pula vena disekitar anus, keadaan ini diperburuk ketika buah kehamilan semakin membesar dan menekan vena tersebut.



Wasir pada ibu hamil dapat disebabkan karena : 



1. sembelit / konstipasi, keadaan ini memaksa bunda BAB sambil mengedan, tindakan mengedan yang terus menerus mengakibatkan pembuluh vena dianus mengalami tekanan dan akhirnya melebar menjadi wasir.

2. Tekanan rahim yang membesar dan tekanan kepala janin pada vena disekitar bokong.

3. Ibu yang kurang aktifitas.

Tidak ada halangan bagi bunda untuk melakukan persalinan secara normal walaupun mempunyai keluhan wasir, selama keluhan berat seperti keluar darah tiap kali BAB tidak menyertai atau ada indikasi lain. Disarankan bunda untuk banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi serta tercukupi kebutuhan cairan, serta melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialist bedah untuk menilai seberapa buruk wasir saat ini. Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman