SITE STATUS
Jumlah Member :
483.998 member
user online :
717 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi tidak mau minum asi




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bayi tidak mau minum asi
Oleh :


Bayi saya tidak mau minum asi,,,bagaimana cara agar bayi mau minum asi dan bagaimana agar asi ibu banyak
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Nung Ramadhan,

Memberikan ASI secara eksklusif adalah dambaan para bunda, karena ASI sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang sang buah hati. Untuk memberikan ASI dibutuhkan kesabaran bunda, serta dukungan dari pasangan serta keluarga.

Untuk memperbanyak produksi ASI, disarankan bunda untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sayur sayuran hijau, kacang kacangan, serta minum susu, selain itu rangsangan pada payudara ( dengan sering dihisap langsung oleh bayi ) adalah salah satu cara alami untuk membantu memperlancar keluarnya ASI. Agar bayi mau minum ASI, usahakan bunda melakukan cara menyusui dengan benar, yaitu atur posisi bunda senyaman mungkin ( duduk / berbaring ), sebelum menyusui, keluarkan ASI sedikit kemudian oleskan pada putting dan sekitar aerola payudara ( berguna sebagai disinfektan dan menjaga kelembaban putting susu ), menempelkan perut bayi pada perut ibu dengan meletakkan 1 tangan bayi dibelakang badan ibu dan yg 1 didepan, kepala bayi menghadap payudara, memposisikan bayi dengan telinga dan lengan pada garis lurus, beri rangsangan agar bayi mau membuka mulutnya, setelah mulut terbuka lebar masukkan putting dan aerola kedalam mulut bayi, biarkan bayi menyusu selama 15-20 menit.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman