SITE STATUS
Jumlah Member :
484.381 member
user online :
2156 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sakit pada Tulang Belakang




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Sakit pada Tulang Belakang
Oleh :


Dan,, uk 10w tpi bbrapa hari ni tulang blkangku pada sakit smua trus klo aku duduk lama pasti sakitnya lgsg terasa.. Oia smpe suami pijitin pun sakitnya gak hilang2.. Mohon bantuannya donk,, ap yg harus ku lakukan.. Obat ap yg hrus aku minum...
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Rhyna Juzrhyone,

Keluhan nyeri pada tulang belakang dapat disebabkan dari sikap tubuh bunda yang cenderung membungkuk kedepan / condong kebelakang akibat menahan beban perut, janin yang sedang berkembang menambah tekanan & berat pada sumsum tulang belakang, selain itu berat badan bunda pun cendrung bertambah, kerja hormon progesteron yang melunakkan ligamen didaerah panggul serta melonggarkan sendi.

Untuk mengurangi keluhan disarankan bunda untuk banyak minum air putih, tidak menunda saat ingin buang air kecil, jangan membungkuk untuk mengambil sesuatu dari lantai tapi berjongkoklah,hindari berdiri / duduk dalam jangka waktu yang lama, jangan menggunakan sepatu bertumit / hak tinggi, gunakan kursi yang dapat menopang punggung dan tempatkan bantal kecil di punggung bawah, kompres daerah punggung dengan es bergantian dengan kompres hangat, lakukan olah raga seperti renang & berjalan. Untuk konsumsi obat selama masa kehamilan sebaiknya diminimalkan.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman