SITE STATUS
Jumlah Member :
484.169 member
user online :
2236 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bisul di kaki hamil 6 bln dan posisi bayi yang tepat




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bisul di kaki hamil 6 bln dan posisi bayi yang tepat
Oleh :


pagi bu bidan, saya sekarang hamil 30 minggu, ada beberapa yang igin saya tanyakan:
1 sekitar seminggu yang lalu kaki saya bengkak dan ada beberapa bisul di kakisampai saya kesulitan gerak dan rasanya linu.apakah itu normal? dan apa penyebabnya?serta bagaimana cara mengatasinya?
2 ketika saya kontrol hamil,kata bidan saya.posisi bayinya melintang.apakah itu sungsang? bagaimana cara mengembalikan ke posisinya apabila sungsang.
   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Ririez,

Keluhan bengkak pada daerah tungkai bawah biasanya terjadi pada akhir masa kehamilan,keluhan ini masih dianggap normal. Bengkak disebabkan karena kecendrungan tubuh dalam menahan cairan sehingga tubuh menahan cairan tubuh sebanyak 30 % ( lebih banyak dari keadaan normal), keadaan ini diperparah dengan kondisi rahim yang semakin membesar menghambat pembuluh darah balik dibagian kaki, sehingga arus balik darah kejantung menjadi terganggu. Bila keluhan bengkak disertai dengan timbulnya bisul, dan membuat bunda tidak nyaman, sebaiknya periksakan keadaan bunda pada bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda untuk mendapatkan solusi terbaik.

Posisi janin melintang / sungsang pada usia kehamilan sebelum 32 minggu masih dapat memutar ke posisi yang benar, bila sudah mencapai 32 minggu maka kemungkinan berputar ke posisi semula menjadi kecil. Salah satu cara alami untuk membantu memutar posisi janin dalam kandungan adalah dengan cara senam hamil khusus untuk memperbaiki posisi janin, bunda dapat mengikuti sesi senam hamil di rumah sakit terdekat / tempat bunda kontrol.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman