SITE STATUS
Jumlah Member :
485.742 member
user online :
1178 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Apa itu Hipersensitif Cerna pada Bayi??




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

Apa itu Hipersensitif Cerna pada Bayi??
Oleh :


Selamat Pagi Ibu Bidan,

Saya punya beberapa pertanyaan tentang tentang kesehatan Bayi,

1. Sekarang ini saya mempunyai bayi yg baru berumur 3 minggu, dan setiap mulai malam hari sampai pagi, bayi saya sering bolak-balik kemungkinan di sebabkan karena perut si bayi agak kembung atau masuk angin atau kelihatan seperti orang ngeden, hal seperti ini di lakukan kurang lebih sampai 3 kali dalam rentan waktu satu malam ( mulai dari jam 11 - pagi ) dengan intensitas waktunya cukup lama untuk si bayi kembali tertidur. Serta saat waktu si bayi minum keliahatan sangat bersemangat dan tergesa-gesa. Pertanyaan saya, apakah ini yang di maksud dengan hipersinsitif cerna??

2. Dalam umur yang 3 minggu ini bayi saya sudah bisa tidur miring, dan setiap kali si bayi ngeden maka posisi tidur si bayi seperti huruf S, kepala menghadap ke atas dan pantat agak nungging dalam keadaan posisi tidur miring. Apakah ini juga bisa di sebut dengan Hipersensitif Cerna??

3. Adakah hal yang bisa di lakukan untuk menghilangkan kembung pada bayi??

4. Apakah Hipersensitif cerna itu akan mempengaruhi sifat, kelakuan dan perkembangan otak si bayi di saat akan datang atau saat dy dewasa???

5. Apakah jika benar bayi saya kena hipersinsitif cerna apakah ada cara untuk menanggulanginya, dan berbahayakan hipersensitif cerna itu.

6. dan Adakah ciri-ciri kusus pada penyakit Hipersensitif Cerna itu sendiri.

Saya harap Ibu Bidan bisa berbagi sedikit informasi tentang Hipersensitif dan cara penanggulangannya, serta bisa menjawab pertanyaan saya di atas.

Terima Kasih,

   
 
Bidan menjawab


Dear bunda Asri,

1. Hipersensitif saluran cerna adalah suatu gangguan fungsional saluran cerna yang tidak mengalami gangguan organ dengan mengekslusi kelainan kongenital / kelainan lain, gangguan ini berkaitan dengan gangguan alergi makanan dan hipersensitifitas makanan.



2. Bila membaca keluhan yang bunda tulis, agaknya anak bunda memang memiliki tanda dan gejala yang mengarah pada hipersensitif cerna, tetapi untuk lebih tegaknya diagnosa sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis anak.



3. Untuk meringankan keluhan kembung bunda dapat membalurkan minyak telon pada perut dan pinggang sampai panggul bayi, posisikan bayi dengan posisi tengkurap.



4. Komplikasi Hipersensitif cerna dikemudian hari adalah anak akan mudah sakit, daya tahan cepat turu, memiliki resiko gizi ganda, hipersensitif candidiasis, gerakan motorik berlebihan, gangguan konsentrasi, emosi tinggi, gangguan sensoris, gangguan oral motor ( terlambat bicara, sulit mengunyah & menelan, impulsif ).



5. Penanganan masalah hipersensitif cerna haruslah dilakukan secara benar, paripurna, dan berkesinambungan, menghindari makanan penyebab alergi.



6. Tanda hipersensitif cerna pada bayi adalah :sering muntah, kembung, buang angin sering & keras, rewel gelisah terlebih pada malam hari diakibatkan dari kolik, sering ngeden, airnliur berlebih, lidah / mulut sering timbul putih, bila minum ASI bersemangat, sering tersedak.

Demikianlah jawaban dari saya, semoga bisa membantu.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman