SITE STATUS
Jumlah Member :
507.981 member
user online :
687 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- BERANI JADI BENAR???



Blog posted by

BERANI JADI BENAR???


Blog posted on 03-06-2008
Kenapa Ngajarin yang Benar Susah?
Ya, kenapa ya setiap mau ngajarin yang benar itu susah banget? Bunda el ngerasain banget susahnya mau jadi bener... mulai dari hamil sampai ngotot ASI eksklusif aja, selalu aja ada yang KONTRA... heran deh. Tapi untungnya ayah dan bunda el udah sepakat kalo kita bakal jalan terus selama kita pegang komitmen. dan kebenaran harus selalu berpegang pada kebenaran kan?
yang paling pertama banget waktu bunda el ngotot kepengen bikin empat bulanan. dan NGGAK 7 BULANAN seperti yang banyak orang bikin.. ada banyak alasan juga sih.. pertama, bunda dan ayah el sama sekali nggak ada keturunan jawa.. ayah el keturunan betawi tulen dari ibu dan BIMA NTB tulen dari ayah..
sementara bunda el, BATAK dan bogor dari mama, terus ambon dan Jerman dari papa... dan setahu kita 7 bulanan itu tradisi jawa... artinya, karena nggak ada darah jawa di ayah dan bunda, kita berdua nggak harus nerusin tradisi jawa kan? agak aneh memang. bukan berarti anti jawa loh. nggak kok. cuma kita ngerasa, kita nggak harus nerusin apa-apa yang bukan tradisi keluarga kan?
makanya kita ngotot mau bikin empat bulanan aja. soalnya, lagi-lagi pegangan kita berdua adalah hadist... ada hadist yang nyebut kalo 40 hari pertama janin itu dijadikan darah, 40 hari berikutnya dijadikan daging dan 40 hari berikutnya ditiupkan ruh... 40 X 3 120 hari, ya kira-kira empat bulanan kan??? makanya kita ngotot, mending kita bikin pengajian aja buat 4 bulanan hamil bunda. sekalian didoain moga-moga bayinya yang baru mendapat ruh jadi anak yang baik, sholeh dan berguna...amiiin.
Terus, saat el lahir masalah juga nggak selesai... kebetulan bunda el ada masalah sama puting payudara... waktu itu puting kanan bunda el rata, alias gede dan nggak muncul... jadi hampir dua minggu pertama el lahir, el cuma bisa nyusu di payudara kiri aja... tapi payudara kanan dipompa... jadi el tetep minum asi....
dan masalah datang lagi, tiba-tiba puting yang bisa diisep el, luka dan berdarah... jadi el nggak bisa asi langsung,
keluarga marah-marah katanya gara-gara pompa... udah nggak usah pake pompa... NGGAK DEH... bunda ngotot, soalnya bunda surfing di internet dan dengerin pakar laktasi Dr UTAMI RUSLI, katanya ASI makin banyak dikeluarin maka makin banyak lagi. makanya setiap abis nyusuin EL, langsung dipompa sampe kempes...
biarin puting luka, nanti juga sembuh, yang penting el tetep dapet ASI... jadilah, setiap mau mompa, dilap dulu putingnya sampe nggak berdarah baru dipompa... alhamdulillah, asi bunda banyak banget.. setiap kali mompa, satu payudara aja bisa sampe 120 ml... malahan tadi pagi satu payudara yang kanan bisa dapet 210 ml.. dan yang kanan dapet 180 ml.... jadi makin hari ASI untuk el makin banyak aja. dan el pun nyusunya super duper ajaib... pernah bunda el dapet 3 botol ukuran 120-150 jadi kira-kira lebih dari 360 ml, mendadak abis cuma dalam 4 jam aja!
terus yang seru lagi waktu mau bikin AQIQAH... ini seru juga... abis keluarga bilang dan ngotot maunya dibarengi sama acara SELAPANAN... atau 40 harian setelah kelahiran el... NGGAK DEH!!!! kita berdua lagi-lagio baca hadist Aqiqah tuh acaranya potong kambing, ngasih nama anak di hari ketujuh kelahirannya sebagai rasa syukur dan Nabi Muhammad SAW nganjurin begitu, 7 hari, 14 hari atau 21 hari kelahiran bayi el...
sementara selapanan itu sendiri lagi-lagi tradisi jawa yang akhirnya membudaya... padahal banyak dari kita mungkin nggak tahu persisi apa itu selapanan...
begini, menurut hitungan kalender jawa SELAPANAN ITU ARTINYA 35 Hari SEPASARAN... contohnya dari JUMAT KLIWON ketemu JUMAT KLIWON LAGI, nah menurut tradisi jawa, setelah bayi lahir dan sampai selapanan, itu hari-hari rawan karena masih banyak jin, lelembut dsb yang kepengen sama si bayi. makanya pas 35 hari, dibikin syukuran... ITULAH YANG NAMANYA SELAPANAN!!!! jadi selapanan tuh 35 hari bukan 40 harian....
mungkin kesalahan mendasarnya adalah persamaan (atau dipaksakan sama) masa nifas yang 40 hari itu! makanya kalo mau bikin acara selametan bayi dipas-pasin 40 hari selesai nifas si ibu. Trus disebut aja selapanan!...
Satu lagi, waktu tiba-tiba el minum susunya ngebut banget... waktu itu el 4 bulanan lebih deh... tiba-tiba aja nyusunya ngebut banget dan ASI bunda el nggak sebanyak biasa... abis dipompa, glekkkk, dua botol abis... padahal biasanya bunda mompa setiap 6 jam... tapi ini el udah nangis haus padahal baru ngabisin dua botol... keluarga ngotot, udah kasih makan aja! el dikata-katain, lagian kenapa nggak dikasih makan sih????
Sekali lagi bunda dan ayah el NGOTOT... nggak!!!! EL HARUS ASI EKSKLUSIF... INI CUMA COBAAN!!!!! jadi kita tega-tegain el rada nangis dikit, sementara bunda tetep usahain mompa sebisanya... dapet 30 ml disusuin el, dapet lagi 40, 50 terus dikasih langsung el... akhirnya el kenyang dan tidur... bunda makan dan langsung tidur... pas bangun susu bunda el bisa normal lagi... sekitar 120 lebih satu payudara... AJAIB KAN! Makanya kita berdua yakin banget, TUHAN udah ngasih EL yang SEMPURNA dengan seukuran L dan nyusu yang ngebut tapi juga lengkap dengan paket SUSU ASI yang dititip di payudara bunda el... dan cukup untuk 2 tahun! dari situ, kita berdua yakin banget, NGGAK GAMPANG JADI BENER, TAPI HARUS!!! KALO BUKAN KITA, SIAPA YANG MULAI????




Ditampilkan sebanyak : 1896

Comment by:
hmmm, bundA eL bner bgT tuh!!! qTa rus ttep ksih bby qTa ASI eKskLsif. .
Dikirim : 2009-01-13

Comment by:
ya Allah,smoga kebaikan bunda El di balas dg pahala yg berlipat,aminnn. Jujur saya terharu ma tulisan diatas.. hebat bgt,salaut n 4 jempol oke buat bunda!!! Saya jg ngalamin hal yg sama ky bunda,tp s4 nyerah coz kcapekan kerja..jdnya Aro kcampuran sufor pas 3 bln.. Tp sekarang insyaAllah mo ngasi ASI lbh bnyk lg ah.. Doain ya bun...
Dikirim : 2008-06-19

aduh....perjuanganya sama ma aq nich....mo asi buanyak yang menghalangi....sabar...sabar...dan sabar...pokoknya hidup asi....hahahaha
Dikirim : 2008-06-06

Comment by:
banyak banget ibu2 muda yg mengalami hal seperti yang dialami bunda El (termasuk aku, maminya Radit)... sabar aja ya bunda...
Dikirim : 2008-06-04

Comment by:
Hebat bunda El, maju terus pantang mundur demi kebenaran.. Orang tua emang suka pemikiran beda ma kita, krn mrk udah "terbiasa" dng adat2 dl.. Ibu Atha jawa tulen, ayah sunda tulen. So kakek nene termasuk pengikut tradisi jg. Paling cuma ngasih pengertian aja, klo dlm Islam tuch "begini"..
Dikirim : 2008-06-04

Comment by:
saaaabaaarr bunda el.... "orang tua itu sdh pernah jdi muda,tpi qta yg muda blum pernah jadi tua.." smuanya psti akan b'proses.. oh iya klo puting bunda el luka bisa di coba tuch dng penyambung asi dri P----N (ada ukurannya koq sprti dot gtu s,m,l)lbh enak krna el bsa nyusu lngsng n hub batin antara bunda n el bsa lbh erat lgi jdinya,okay slmt mencoba... sun pluk RaiNdYa BunDa RHAFY
Dikirim : 2008-06-03

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
elcapitan's blog :