SITE STATUS
Jumlah Member :
508.481 member
user online :
958 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- modality anak



Blog posted by

modality anak


Blog posted on 16-10-2007
it is about my 2 years old daaughter... she likes singing very much. waduh....nyanyi sana sini...kalo kata mbak naila si si belva ini termasuk type verbal learners..yang akan mudah menerima pembelajaran melalui metode apapun. alhamdullillah. nah metode pembelajaran itu sendiri bermacam macam...ada seorang anak yang akan lebih gampang mudeng kalo pake nyanyi..pake gambar or grafik...atau dihapalin keras keras...atau perlu suasana sunyi. nah termasuk tipe yang manakah anak anda? melalui pendekatan yang bervariasi kita bisa kok mengelola ( hihhikk kok mengelola) si anak untuk tumbuh menjadi pintar. Tapi ya..bener juga kalo kita harus liat kecenderungan si anak. kalo aku si...bakat anak ke mana itu yang harus ditonjolkan...bukan mencari cari bakat baru tapi ternyata si anak enggak suka. ini dia ku saringkan .........
Ada 5 Aspek Yang Mempengaruhi Gaya Belajar :

1. Disposition :

Yaitu apa yang bisa dilihat dari luar oleh orang lain pada diri kita (atau apa yang bisa kita lihat ada pada anak kita sejak dia lahir). Ada 5 disposition yang perlu kita tahu :

Disposition (1) : PERFORMS

Disposition (2) : PRODUCE

Disposition (3) : INVENTS

Disposition (4) : RELATE/INSPIRE

Disposition (5) : THINK/CREATE

2. Bakat : Ada kurang lebih 12 macam bakat yang sering kita jumpai yaitu :

Music
Math-logic
Mechanical reasoning
Word-language reasoning
Spatial
Body Coordination
Interactive-self
Interactive-others
Interactive-animals
Interactive-nature
Humor
Life enhancement.
3. Interest : Ini berbeda dengan bakat biarpun banyak yang salah duga. Misalnya : anak yang suka menyanyi belum tentu berbakat menjadi penyanyi. Interest yang dimiliki anak bisa pada bidang-bidang tertentu (ini sebabnya dianggap sama dengan bakat), misalnya olahraga, musik, dsb; tetapi juga interest anak yang melibatkan dia aktif di komunitas tempat dia berada baik di sekolah, rumah, dsb. Banyak orang tua yang buru-buru mengkursuskan anaknya karena dianggap berbakat pada bidang tertentu, padahal dia hanya pada tahap interest saja. Maka jangan heran jika tiba-tiba si anak tidak mood lagi ikut kursus padahal awalnya suka sekali dan tampak menikmatinya.

4. Modality : yaitu cara terbaik seorang anak untuk memproses informasi. Banyak orang mengira modality sama dengan gaya belajar, padahal modality hanyalah salah satu aspek yang mempengaruhi gaya belajar saja. Disini dibedakan antara :

Auditory (baik mendengar maupun bicara),
Visual (gambar atau tulisan),
Tactile-Kinesthetic (sentuhan, sketsa, gerakan tubuh dan menulis).
5. Environment : adalah kondisi lingkungan yang paling disukai anak yang membuat dia bisa belajar lebih baik. Terdiri dari :

Suara (ramai/tenang)
Posisi (berdiri, duduk di kursi, tiduran, dsb)
Interaksi (harus ada orang, dengan hewan kesayangan, sendiri, dsb)
Cahaya (suka belajar di luar dengan cahaya natural matahari, atau cahaya lampu tertentu, harus terang atau redup, dsb)
Makanan (suka ngemil ditengah-tengah belajar, harus dalam keadaan kenyang atau tak harus sudah makan saat belajar, dsb)
Warna (warna favorit membuat si anak makin semangat belajar)
Waktu (ada anak yang lebih bisa konsentrasi belajar di malam hari, ada yang di pagi hari, dsb).
Suhu (dingin atau panas), dsb


Nah, dari kelima aspek tersebut bisa anda perhatikan bahwa setiap aspek ada hal-hal yang lebih mendetil yang mempengaruhi gaya belajar anak anda. Nanti insya Allah saya akan coba jelaskan satu demi satu dilengkapi quiz yang bisa anda terapkan pada anak anda (khususnya bagi yang sudah sekolah) bahkan pada diri anda sendiri, lalu melihat hasilnya dan dicocokkan dengan penjelasan dari buku Discover Your Child\'s Learning Style.

Sebagai contoh, anak yang hanya bisa berkonsentrasi belajar di tempat yang sepi, akan kesulitan belajar di kelas yang teman-temannya suka bicara. Anak yang punya tipe Auditory modality akan kesulitan memahami suatu persoalan, sebelum dia membacanya keras-keras. Pernah ingat salah satu teman anda yang suka belajar sambil membaca keras-keras ? Mungkin anda akan terganggu oleh keberisikan dia, dan anda punya gaya belajar yang berbeda karena anda hanya bisa konsentrasi saat semuanya tenang dan sepi. Bayangkan jika semua anak dengan berbagai keunikan belajarnya harus belajar dengan cara yang sama di kelas yang sama. Wajar jika hanya kurang lebih 3 dari 35 murid di satu kelas, yang selalu mendapat ranking tinggi. Mereka adalah tipe pelajar yang memiliki tipe disposition jenis Produce dan Modality-nya pada auditory, krn inilah cara mengajar yang diajarkan di sekolah pada umumnya. Sebaliknya anak-anak yang memiliki disposition model Perform, membutuhkan banyak gerak; dia akan mendapat nilai tinggi pada saat jam olahraga, anak yang bertipe Invent akan mudah belajar di laboratorium.

Got a picture here ?

Ok, insya Allah kita akan membaca satu persatu dari kelima aspek yang mempengaruhi gaya belajar setiap anak (dan mungkin anda sendiri !!!).

Related topics :


Anak \"bermasalah\" di sekolah ? Jangan salahkan anaknya dulu deh.

Tipe Disposition manakah anak anda ?

Preschool Assessment for Disposition

Disposition (1) : PERFORMS

Disposition (2) : PRODUCE

Disposition (3) : INVENTS

Disposition (4) : RELATE/INSPIRE

Disposition (5) : THINK/CREATE




Ditampilkan sebanyak : 981

Comment by:
wah ilmunya bermanfaat sekali nih buat para bunda dalam mengetahui perkembangan buah hatinya terutama anak saya juga walaupun saat ini usianya masih 20 bulan termasuk buat mamanya yang senengnya belajar dengan suara keras maklum mamanya zidan kan lawyer jadi kalu ngak sambil ngoceh tuh ngak enak belajarnya
Dikirim : 2007-10-23

Comment by:
wow... terimakasih mbak... boleh tau gak lebih detailsnya... boleh dong kirim ini ke forum asyiiik deh buat diskusib ;)
Dikirim : 2007-10-17

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
Wiwiedhozaimi's blog :