SITE STATUS
Jumlah Member :
508.292 member
user online :
219 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Cara Menghitung Masa Kehamilan



Blog posted by

Cara Menghitung Masa Kehamilan


Blog posted on 18-03-2020

menghitung masa kehamilan



“Kira-kira sudah berapa minggu, ya?” Tidak jarang pertanyaan ini terucap oleh wanita yang tengah mengandung. Khususnya mereka yang baru pertama kali menjalani kehamilan. Singkat kata, masih ada sebagian bumil yang belum tahu cara menghitung masa kehamilan.



Memang sulit memastikan secara tepat waktu pembuahan terjadi. Namun, usia kehamilan bisa diperkirakan lewat beberapa cara. Mulai dari hitung-hitungan matematika hingga teknologi canggih seperti USG. Nah, berikut ini cara menghitung masa kehamilan yang bisa bumil coba.



Gunakan Rumus Naegele



Masih asing dengan rumus Naegele untuk menghitung masa kehamilan? Rumus ini berfokus pada hari pertama haid terakhir (HPHT). Cara menghitung masa kehamilan dengan rumus ini dianggap baik bagi wanita yang punya siklus menstruasi teratur 28 hari. Lalu, bagaimana caranya?



Lewat Gerakan pada Janin



Cara menghitung usia kehamilan secara manual selanjutnya dengan mendeteksi gerakan janin. Namun, hal yang perlu ditegaskan cara ini tidak 100 persen akurat. Lalu, bagaimana caranya?



Ibu hanya perlu merasakan gerakan janin. Jika bumil merasa bahwa janin sudah mulai bergerak, diperkirakan usia kehamilan adalah 18-20 minggu. Perlu diingat juga, hal ini hanya berlaku bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Bagi wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil, jika sudah bisa merasakan gerakan janin, usia kehamilan diperkirakan 16-18 minggu.



Sistem Fundus Uteri

Selain dua hal di atas, ada cara manual lainnya untuk menentukan usia kehamilan. Namanya fundus uteri atau puncak rahim. Pada dasarnya, puncak rahim ini akan meninggi seiring perkembangan janin. Lalu, bagaimana cara menghitungnya?



Caranya dengan meraba puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perut. Hitung jaraknya dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jaraknya adalah 17 sentimeter, berarti usia kehamilan sudah menginjak 17 minggu. Sama seperti gerakan pada janin, menurut ahli di American Pregnancy Association, cara menghitung usia kehamilan dengan sistem ini tidak akurat 100 persen.



Manfaatkan Kalkulator Kehamilan Online



Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator online boleh dibilang paling simpel. Tidak ada salahnya mencoba kalkulator kehamilan untuk menentukan usia kehamilan.



Cara menghitung kehamilan secara online sangat mudah. Bumil hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, tahun hari pertama dan terakhir haid (HPHT), dan juga siklus haid. Kalkulator kehamilan online tersebut kemudian menghitung dan memberitahukan usia kehamilan bumil.



Source : Menghitung Masa Kehamilan





Ditampilkan sebanyak : 342

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
degulwocke's blog :