SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
3411 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Hasil dari Menerapkan Tips Mendidik Anak dengan Karya Sastra



Blog posted by

Hasil dari Menerapkan Tips Mendidik Anak dengan Karya Sastra


Blog posted on 19-05-2016

Tips mendidik anak dengan memanfaatkan karya sastra mungkin jarang diketahui. Kebanyakan orang tua mendidik anak dengan cara bermain, membelikan mainan, dan bahkan membelikan gadget. Padahal, ada cara mendidik sang buah hati yang sangat mudah, yaitu dengan memaksimalkan karya sastra.



Ibu bisa menerapkan tips mendidik anak dengan menggunakan media berupa karya sastra. Namun, sebelum ibu menerapkan tips tersebut, agar ibu semakin mantap maka ibu perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa ibu sebaiknya menggunakan media berupa karya sastra.



Karena Anak Merupakan Pembelajar yang Baik



Tidak perlu dipungkiri lagi jika anak merupakan pembelajar yang baik. Apalagi saat usianya baru menginjak 3 tahun, maka ia sangat haus untuk belajar hal-hal yang baru.



Pada ahli psikologi anak mengatakan usia 3 tahun merupakan golden moment karena ia belajar banyak hal. Untuk itu, agar proses belajarnya optimal, maka para ahli psikologi anak menyarankan agar orang tua harus senantiasa menimbulkan rasa bahagia saat si kecil belajar. Dalam hal ini, ibu bisa mengajak si kecil belajar sekaligus menerapkan tips mendidik anak dengan cara membacakan karya sastra.



Ada banyak sekali karya sastra yang ditujukan untuk anak. Ibu bisa membacakan sebuah karya sastra seperti dongeng agar si kecil bisa belajar dari cerita tersebut. Apalagi ibu memilihkan buku karya sastra bergambar. Maka si kecil pasti akan semakin tertarik.



Karena Anak adalah Pendengar yang Baik



Pernah tahu ada anak kecil yang sudah bisa berbicara kasar? Itu dikarenakan ia lebih sering mendengarkan kalimat kasar. Jika ia sering mendengarkan cerita karya sastra anak, tentu hasilnya akan berbeda. Ibu harus tahu anak merupakan pendengar yang baik. Apalagi saat ia baru mulai belajar bicara. Apa yang ia dengarkan akan ia usahakan untuk diucapkan.



Dengan sering membacakan karya sastra berupa dongeng yang memberikan pelajaran moral yang baik, maka diharapkan ia akan menjadi anak yang baik juga. Jadi, tepat sekali jika ibu menerapkan cara mendidik anak dengan membacakan buku karya sastra untuk anak.



Menjadi Anak yang Semakin Kreatif



Anak sering sekali menciptakan dunianya sendiri. Terkadang guling bisa ia imaginasikan sebagai motor. Itulah sisi imajinatif dan kreatif anak.



Agar sisi tersebut semakin terasah, maka tidak salah jika ibu menerapkan tips mendidik anak dengan meluangkan waktu untuk membacakan karya sastra anak. Banyak sekali karya sastra anak yang bersifat imajinatif seperti dongeng tentang binatang, Cinderella, dan lain sebagainya.



Saat ia masih kecil, ibu tidak boleh membunuh sisi imajinatifnya. Sayangnya, kebanyakan orang tua justru melakukan hal tersebut dengan cara memberikan mainan yang bersifat real. Bahkan, ada juga yang menggenjot si kecil dengan berbagai jenis les.



Tentu hal tersebut juga baik. Namun, mengoptimalkan sisi imajinatif anak tentu harus diutamakan. Dan hal tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan tips mendidik anak yang tepat.



Terlepas dari itu semua, ada manfaat yang akan ibu rasakan saat ibu menggunakan karya sastra sebagai media untuk mendidik anak. Ibu akan semakin banyak membaca. Dan ibu lebih banyak melakukan kegiatan positif dan berinteraksi dengan anak. Secara otomatis, hubungan antara orang tua dengan anak akan semakin terjalin.



Dan diharapkan dengan kebiasaan membaca sastra dengan anak ini bisa menimbulkan rasa cinta terhadap membaca buku. Saat ia dewasa nanti, anak ibu tidak akan merasa berat untuk membaca buku. Bukankah itu tujuan terpenting dari penerapkan tips mendidik anak?





Ditampilkan sebanyak : 986

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman