SITE STATUS
Jumlah Member :
508.452 member
user online :
1100 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- BAGAIMANA KOLOSTRUM SAPI DAPAT BERMANFAAT BAGI MANUSIA



Blog posted by

BAGAIMANA KOLOSTRUM SAPI DAPAT BERMANFAAT BAGI MANUSIA


Blog posted on 11-12-2013

MANFAAT KOLOSTRUM SAPI BAGI KESEHATAN



Manfaat kolostrum sapi bagi kesehatan manusia sudah banyak dibahas, tetapi masih juga menyisakan argumentasi mengenai bagaimana bisa kolostrum dari sapi dikonsumsi oleh manusia dan memberikan manfaat. Ulasan berikut ini semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan secara ilmiah mengenai hal-hal yang diperdebatkan.



 Ada beberapa alasan ilmiah mengapa kolostrum sapi dapat diaplikasikan bagi manusia :



1. Struktur molekul kolostrum sapi sangat mirip dengan struktur molekul kolostrum manusia, artinya keduanya dapat bekerja ecara efektif jika diaplikasikan.



 2. Kolostrum sapi mengandung komposisi yang lebih banyak dibandingkan dengan kolostrum manusia. Misalnya, immunoglobulin penting (Ig-G) yang diperlukan untuk mengikat pathogen hanya ada sebanyak 2% pada kolostrum manusia, sedangkan Ig-G pada kolostrum sapi ada pada konsentrasi sekitar 20%



3. Pengambilan kolostrum sapi dilakukan dengan sangat hati-hati dibawah control/pengawasan standar laboratorium yang ketat, sehingga meyakinkan tingkat integritas dan aktivitas yang sangat terjaga.Kolostrum sapi yang diambil tidak dibekukan melainkan diproses dan dikemas dalam suhu rendah sehingga komponen-komponen aktif yang sangat berharga di dalamnya tetap terjaga.



4. Kolostrum sapi mengandung senyawa khusus yang disebut inhibitor (penghambat) glycoprotein dan tyrpsin. Senyawa-senyawa itu mencegah cairan lambung untuk mencerna/menghancurkan faktor imunitas dan faktor pertumbuhan dalam kolostrum. Proses ini menyebabkan immunoglobulin pada kolostrum akan tetap aktif setelah senyawa tersebut melewati lambung.



5. Kolostrum sapi secara umum tidak menyebabkan efek samping bagi manusia. Bahkan para penderita lactose intolerant (mereka yang tidak dapat mencerna susu sapi) kolostrum aman dikonsumsi dan dapat memperbaiki kondisi lambung sehingga normal.



6. Kandungan immunoglobulin kolostrum sapi yang jauh lebih tinggi daripada kolostrum pada manusia menghasilkan jumlah antibodi yang lebih banyak sehingga menyediakan perlindungan khusus bagi manusia terhadap mikroba pathogen dengan kemampuan menetralisir bakteri, racun pada bakteri, virus, jamur dan beberapa parasit.



Ig-G adalah protein imunitas khusus yang merespon invasi bakteri, jamur dan virus pada sistem limfatik dan sistem peredaran darah.



Ig-M adalah immunoglobulin awal yang dihasilkan ketika substansi asing seperti bakteri yang menyerang tubuh.



Ig-E konsentrasi diparu- paru, kulit dan sel-sel membrane mukosa untuk melindungi organ-organ tersebut dari serangan pathogen penghasil antigen. Ig-E juga merupakan antivirus yang kuat.



7. Substansi lainnya dalam kolostrum sapi yang berperan penting bagi kesehatan manusia adalah faktor pertumbuhan . Faktor pertumbuhan dalam kolostrum terdiri atas :



- Hormon pertumbuhan/growth hormonw (GH)



- Insulin - like growth factor 1 dan II (IgF-1 & Ig-F II)



- Transforming growth factor A & B



- Ephitelial growth factor (EGF)



- Fibroblast growth factor ( PDGF)



- Gonadotropin releasing hormone and assosiated peptide (GnRH & GAP )



Bagaimana cara kerjanya ?



Kolostrum adalah senyawa unik yang sangat bermanfaat utamanya dalam menyediakan berbagai faktor imunitas bagi tubuh manusia. Sebagian besar penyakit infeksi memasuki tubuh melalui membrane mukosa dari saluran pencernaan. Kondisi kritis yang dihadapi manusia adalah saat seseorang harus mampu melawan berbagai penyebab penyakit seperti bakteri, virus, polutan, kontaminan dan allergen yang terlanjur masuk ke dalam tubuh. Penelitian klinis oleh Dr. David Tyrell di Inggris pada tahun 1980 menunjukkan bahwa presentase tinggi dari antibodi dan immunoglobulin dalam kolostrum diyakini tidak diserap tetapi tetap berada dalam saluran pencernaan ketika zat-zat tersebut menyerang penyebab penyakit sebelum mereka menembus tubuh dan didistribusikan untuk membantu proses-proses pertahanan internal. Kombinasi antara Ig-G dan faktor-faktor immunomodulator seperti lactoferrin dan PRP meningkatkan perlindungan antimikroba khususnya di saluran pencernaan.





Ditampilkan sebanyak : 1003

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
sunhope indonesia's blog :