SITE STATUS
Jumlah Member :
508.481 member
user online :
1023 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Pengalaman Menyusui Saat Hamil



Blog posted by

Pengalaman Menyusui Saat Hamil


Blog posted on 09-11-2012
Alifa baru saja melewati milad ke-1 tahun ketika aku dinyatakan positif hamil lagi. Perasaan campur aduk saat itu. Di satu sisi, aku dan suami bahagia dan bersyukur atas rizki dan titipan yang Allah berikan di tahun ke-2 pernikahan kami. Mengingat, begitu banyak orang-orang di sekitar kami yang belum dikaruniai momongan sementara mereka sangat menginginkannya. Berusaha kesana kemari dengan pengorbanan materi terbilang tidak sedikit demi memiliki buah hati. 

Namun disisi lain, rasa sedih tak bisa terbendung mengingat Alifa masih terlalu kecil dan belum menerima haknya secara penuh.

Dilema antara berhenti menyusui ASI atau tetap terus menyusui sembari hamil. Akhirnya, kami bisa menerima dan mengambil hikmah dari kehamilan ini. Ini kado dari Allah buat Kak Alifa di ulang tahunnya yang pertama. Dan tetap meneruskan pemberian ASI kepada Kak alifa dibawah pengawasan DSOGku.




Alhamdulillah, Allah meringankan proses kehamilanku kali ini. Mual, muntah khas ibu hamil hanya dilewati di tiga bulan pertama. Menyusui alifa pun tetap jalan terus. Walau sempat dirawat di RS karena tekanan darahku drop di bulan ke-2. Alifa terpaksa dititipkan ke eyangnya. Setelahnya, Alhamdulillah bisa dilalui dengan mulus, kalo orang bilang aku “hamil kebo”.




Awalnya sempat kepikiran kata orangtua, jangan menyusui saat hamil karena katanya air susu berubah menjadi darah. Atau kata orang, nanti bisa mengganggu perkembangan janin dalam rahim si ibu karena asupan gizi ke janin berkurang karena dibagi menjadi ASI. Apalagi mengingat pengalaman hamil sebelumnya lumayan berat. Morning sickness yang katanya hanya berlangsung selama trimester pertama ternyata tidak berlaku bagiku waktu itu. Bahkan aku terus merasa mual, muntah, dan eneg melihat makanan hampir sepanjang usia kehamilan hingga Alifa lahir. Berat badanku ga meningkat banyak kala itu. Hanya naik 6 kg dari berat badanku sebelum hamil. 

Alhamdulillah, setelah dijalani semuanya baik-baik saja. Hasil USG setiap bulan, BB dan perkembangan janin dalam kandunganku tumbuh sesuai dengan usia kandungan. Sedangkan Alifa masih tetap menerima ASI, hanya saja aku berusaha mengenalkan susu formula karena sebelumnya Alifa ga mau dikasih susu formula.

Ternyata menyusui sambil hamil tetap bisa dijalankan dengan catatan si ibu harus memperhatikan betul asupan gizi yang masuk. Menyadari bahwa makanan yang ia makan harus dibagi nutrisinya untuk menghasilkan ASI, mencukupi kebutuhan nutrisi bagi janin dan tentunya bagi kebutuhan tubuh si ibu. Istilahnya, makan untuk 3 orang. Tentunya juga dibawah pengawasan DSOG melalui USG setiap bulan untuk mengetahui perkembangan janin, apakah sudah sesuai dengan perkembangan yang seharusnya sesuai usia kehamilan.

Tanpa diduga berat badanku meningkat drastis di kehamilan ke-2 ini hingga mencapai 16kg. Ternyata kalau semua dijalani dengan “positif thinking”, insyaalloh akan berjalan baik. Percayalah bahwa Allah memberikan ujian sesuai dengan kemampuan. Allah itu adil kok :)




Keuntungan lain menyusui saat hamil, aku rasakan setelah Zahwa lahir. Aku tidak harus merasakan “ngara’kai” atau payudara bengkak dan nyeri sebelum menyusui seperti saat melahirkan anak pertama dulu. Bahkan dulu sampai demam dan ngilu di persendian. Karena produksi ASI tidak sempat berhenti, jadi payudara tidak harus beradaptasi menampung produksi ASI seperti yang terjadi pada umumnya. Ajaibnya lagi, cairan kolostrum tetap keluar beberapa saat setelah melahirkan. Otomatis, Zahwa bisa langsung mendapatkan ASI + kolostrum sesaat setelah lahir atau saat IMD. Menurut sumber yang pernah aku baca plus penjelasan dari DSOGku, bahwa ketika seorang ibu melahirkan bayinya dan kemudian  plasenta terpisah dari rahim, produksi hormon-hormon laktasi akan mulai bertambah banyaknya.  Kemudian pembentukan ASI akan berlanjut  mulai dari produksi  kolostrum sampai dengan produksi ASI matur. Tetap menyusui saat akhir kehamilan (saat kolostrum sudah mulai diproduksi) bisa memberikan manfaat  bagi anak yang lebih besar. Karena  kolostrum mengandung ekstra nutrien dan antibodi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak tersebut (immune boost). 

Kolostrum akan diproduksi sesuai dengan kebutuhan. Artinya, sesuai  suplai  dengan kebutuhan sehingga  Ibu akan memproduksi kolostrum yang cukup untuk kedua anaknya, termasuk yang didalam kandungan. Sehingga menyusui saat hamil tidak mempengaruhi kebutuhan bayi yang akan lahir untuk mendapatkan kolostrumnya.





Zahwa lahir dengan berat badan 3,1 kg dan tinggi 48 cm. Walaupun kelahiran ke-2 kali ini juga harus dilalui dengan Operasi SC. Karena ketika  melahirkan Alifa juga melalui operasi SC dan jarak kelahiran hanya 20 bulan. Ya…usia Alifa 20 bulan ketika Zahwa lahir. Yang menjadi Pe-eRku selanjutnya adalah gimana caranya menyapih si kakak setelah pulang dari RS nanti tanpa membuatnya merasa tersisih…




Insyaalloh, pengalaman menyapih Alifa aku ceritakan di postingan berikutnya ya…

 


Sekarang Alifa sudah 3 tahun 10 bulan, sedangkan Zahwa 2 tahun 2 bulan.  Waaahhh...dua-duanya kompak banget deh. Mungkin karena jarak usia mereka lumayan dekat...ga nyesel rasanya ngasih ade' ke Alifa saat usianya 20 bulan. Malah rumah jadi ga sepi lagi. Si kakak punya temen main. Ga sendirian seperti dulu.. Ga cuma main dan seru2an aja, berantem juga sih...tapi membuat suasana jadi "more fun"...Mereka malah bisa mengenal arti berbagi sejak dini.





So, bagi para bunda, moms, ummi atau ibu yang merasakan pengalaman serupa. Hamil disaat masih menyusui. Atau masih ragu untuk tetap menyusui saat hamil. Jangan bersedih hati apalagi berniat aborsi...Naudzubillah. Bersyukurlah Allah masih mempercayakan kita menjadi ibu sekali lagi. Insyaalloh selalu ada jalan dan kemudahan bila semua dihadapi dengan ringan dan ber"positif thinking"...



Ditampilkan sebanyak : 5005

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
azkiya11's blog :