SITE STATUS
Jumlah Member :
507.979 member
user online :
264 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- ukuran lambung bayi



Blog posted by

ukuran lambung bayi


Blog posted on 16-02-2011
Ukuran Lambung bayi



Ketika para ibu mendengar bahwa kolostrum dihasilkan dalam jumlah kecil (ukuran yang digunakan sendok teh), mereka khawatir apakah jumlah tsb dapat memenuhi kebutuhan bayi mereka. Jawaban singkatnya: kolostrum adalah satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi cukup bulan.



Berikut ini penjelasannya:



Kapasitas lambung bayi berusia 1hari adalah 5-7mL, atau sebesar kelereng. Menariknya, peneliti menemukan bahwa LAMBUNG BAYI BARU LAHIR TIDAK MELAR untuk dapat menampung lebih banyak. Karena dinding lambung bayi tetap, kelebihan susu seringkali dibuang (dimuntahkan kembali). Kolostrum merupakan makanan pertama bayi dalam jumlah yang tepat.



Pada hari ke-3, ukuran lambung bayi berkembang menjadi 0,75-1oz (sekitar 20-30mL). Pemberian ASI dalam jumlah kecil dan sering menjamin bayi mendapatkan susu yang dibutuhkannya.



Pada hari ke-7, ukuran lambung bayi sekitar 1,5-2oz (sekitar50-60mL), atau seukuran bola pingpong. Susui bayi sesering mungkin untuk memenuhi kebutuhannya. Dan produksi ASI akan meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan bayi.



diterjemahkan bebas oleh DeA Haryono



Intinya adalah, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir yg berlebihan jika bayi baru lahir belum mau menyusui pada seminggu pertama, karena ASI gak keluar atau menyusui dengan intensitas yg sangat minim.



Hal itu dikarenakan ukuran lambung mereka yg memang masih sangat kecil. Bayangkan saja ukuran lambung yg sekecil itu harus di beri susu formula yg proses pembuatannya melalui banyak proses kimia, dan banyak mengandung zat-zat kimia tambahan.



Jadi Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir, dan tetaplah yakin bahwa hanya ASI yang bisa memenuhi kebutuhan bayi baru lahir.



Sebelum memutuskan pilihan RS Bersalin, pastikan RS tersebut menyediakan fasilitas rooming in, agar Bunda dan Bayi bisa selalu dekat dan Bunda terlatih untuk menyusui.



Berikan informasi dan pastikan juga bayi tidak diberikan Susu Formula oleh Bidan / Perawat RS tsb.



DSA anak saya meyakinkan saya bahwa bayi baru kahir bisa bertahan 3 hari tanpa makan dan minum karena masih punya cadangan makanan yg mereka bawa dr dalam rahim Bunda.



 



 



 


Ditampilkan sebanyak : 1623

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
bundanya Anja's blog :