SITE STATUS
Jumlah Member :
507.979 member
user online :
517 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Nutrisi Untuk Kulit Sehat



Blog posted by

Nutrisi Untuk Kulit Sehat


Blog posted on 24-03-2009
Untuk mewujudkan kulit sehat dan cantik, Anda tak hanya membutuhkan perawatan dari luar, tapi juga dari dalam. Konsumsilah gizi seimbang. Niscaya tak hanya kulit yang tampak kemilau, tubuh juga akan terasa bugar dan lebih muda.

Jika Anda ingin memperoleh vitamin yang optimal untuk kulit, konsumsilah makanan segat secara bervariasi. Dengan begini, Anda bisa memastikan semua zat gizi yang diperlukan kulit akan Anda peroleh tanpa ketakutan kelebihan vitamin. Sebab, vitamin yang diperoleh dari sumber alami tak akan menumpuk berlebihan di tubuh. Hampir semua vitamin punya manfaat tertentu bagi kulit. Mau tahu apa saja?

Vitamin A

Bisa di dapat dari ubi jalar, hati, telur dan susu. Untuk variasi, bisa saja Anda konsumsi buah-buahan yang berwarna jingga dan kuning, seperti mangga, jeruk bali, tomat, asparagus serta sayuran hijau berdaun seperti bayam dan brokoli. Vitamin A sangat penting karena kandungan antioksidannya yang membantu mengurangi resiko penyakit tertentu termasuk kanker. Antioksidan juga membantu mencegah infeksi serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel, jaringan serta kulit. Diketahui, dengan vitamin A pun gejala alergi dapat dikurangi. Penting vitamin A bagi kulit terbukti dari fakta ini: kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit kering, gatal dan kehilangan elastisitas.

Vitamin B Kompleks (riboflavin, niacin, B-6, B-12 dan biotin)
Paling banyak terkandung di whole grain dan sereal whole grain, juga produk-produk sereal serta biji-bijian yang diperkaya. Jika tidak terlalu suka sereal Anda bisa juga mendapatkan vitamin ini pada beras, oatmeal, biji bunga matahari, ikan, telur, hati dan produk susu rendah lemak. Vitamin B Klompeks berguna untuk mengurangi rasa kering dan gatal di kulit serta mengurangi stres. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas dan sensitif. Riboflavin atau vitamin B-2 juga dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau berdaun. Sedangkan niacin dapat pula diperoleh dari unggas, ikan, daging sapi, mentega kacang dan polong-polongan. Sebaiknya Anda memperoleh asupan niacin dari konsumsi makanan. Sebab asupan berlebihan (biasanya akibat suplemen) dapat menyebabkan kulit memerah, gatal-gatal dan kerusakan hati.

Vitamin C
Seperti sudah Anda ketahui, kandungan vitamin C terbaik ditemukan di buah-buahan sitrus, buah beri, paprika merah dan brkoli. Tetapi ternyata hanya di jeruk., vitamin C juga bisa didapat dari kentang, bawang putih, bawang bombay, sayur hijau atau hijau gelap berdaun (bayam), apel, kubis, kecambah dan melon. Vitamin C penting karena kandungan antioksidannya, juga efek antihistamin, dapat mencegah infeksi kulit dan menyembuhkan luka, memproduksi kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit, mendukung gusi yang sehat dan pembuluh darah yang lentur. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi goyah, gusi bengkak, pendarahan berlebihan dan luka yang tidak sembuh-sembuh.

Vitamin E
Vitamin yang sering disebut-sebut sangat penting untuk kulit ini bisa ditemui di sayuran hijau berdaun, brikoli, ingyak serta kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut. Tidak hanya itu, vitamin E juga dikandung oleh kacang tanah, paprika merah, buah zaitun, beras merah, apel, whole grain, ubi jalar dan polong-polongan. Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit dengan kandungan antioksidannya, memerangi kerusakan akibat zat radikal bebas dan berpotensi untuk memperlambat penuaan.

Zinc
Zinc dapat ditemukan pada daging, hidangan laut, telur, susu, whole grain dan miso. Zinc juga bisa didapat dari buah aprikot, bawang bombay kokoa. Zinc penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit secara keseluruhan, karena nutrisi ini bekerja dengan vitamin A untuk menjaga dan memperbaiki kulit, mendukung kekuatan, elastisitas dan kekencangan kulit. Zinc juga mendukung pertumbuhan jaringan sehingga memegang peranan penting pada banyak fungsi tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kita mudah terkena infeksi.

Nutrisi Mikro
Selain vitamin dan mineral, untuk mewujudkan kulit sehat tubuh juga memerlukan nutrisi makro yang baik, di antaranya:

1. Karbohidrat. Seperti Anda ketahui, zat gizi ini dikandung dalam roti, beras (sebaiknya beras merah) dan oatmil. Karbohidrat penting untuk energi, serat dan vitamin-vitamin B.
2. Protein. Semua tahu apa saja sumber protein. Daging, unggas, telur, ikan, kacang-kacangan dan tahu adalah sumber protein terbaik. Protein dibutuhkan kulit khususnya dan tubuh secara keseluruhan untuk energi, serta memperbaiki jaringan dan sel tubuh.
3. Lemak (Tentu bukan jenis lemak jenuh dan lemak trans, tapi lemak dari sumber-sumber alami yang mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam alfa linolenat). Terdapat pada minyak sayur, lemak unggas, minyak kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak cukup penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab. Kekurangan lemak dapat menyebabkan kulit yang kering, bersisik dan terkelupas serta rontoknya rambut.

AIR
Air putih adalah sumber terbaik. Namun asupan cairan yang baik juga didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan produk susu. Air sangat penting untuk hidrasi sel, serta berperan dalam meregulasi suhu tubuh. Air juga bertugas membawa nutrisi ke sel-sel dan sampah hasil metabolisme keluar dari sel. Memastikan apakah Anda cukup minum air sangat mudah. Coba lihat warna air kemih Anda. Warna kuning muda berarti Anda cukup minum, bening berarti mungkin Anda terlalu banyak minum sedangkan warna kuning gelap atau jingga berarti Anda kurang minum air.


Ditampilkan sebanyak : 1496

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
zie_cute's blog :