SITE STATUS
Jumlah Member :
253.409 member
user online :
1713 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Wah, Kurang Vitamin D Jadi Sulit Konsentrasi

(Posted:2009-06-11 11:52:14)

Manfaat mengkonsumsi vitamin D tidak lagi untuk memperkuat tulang manusia. Berdasarkan penelitian ilmuwan dari Inggris, vitamin ini berkaitan dengan aktivitas berpikir atau melemahnya kemampuan kognitif. Berdasar penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr David M. Lee dari University of Manchester, Inggris, rendahnya vitamin D dalam tubuh bisa membuat seorang yang sudah lanjut usia sulit berkonsentrasi.

Namun, apakah pemberian suplemen vitamin D bisa membantu untuk mengatasi masalah itu belum diketahui.

Sumber makanan yang mengandung vitamin D, antara lain, minyak ikan, susu, telur, keju, dan sinar matahari. Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak yang mempunyai sifat sebagai vitamin dan hormon untuk penyerapan serta penggunaan kalsium dan fosfor.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 3.133 pria dewasa dengan usia 50-79 tahun. Mereka terdaftar di Europe Male Aging Study (EMAS). Rata-rata tingkat hydroxyvitamin D-25 (bentuk tidak aktif dari vitamin D yang digunakan untuk mengukur tingkat vitamin) adalah 63 nanomoles per liter. Tingkat 90-140 nanomoles per liter biasanya dianggap optimal.

Terbukti mereka yang asupan vitamin D-nya rendah memiliki kemampuan kognitif lebih buruk daripada pria dengan asupan vitamin D yang baik.

"Meski perbedaannya tidak besar, hal itu sangat memengaruhi daya ingat manula," kata Dr David M Lee seperti dikutip BBC.

Jika tingkat vitamin D pada tubuh rendah, demikian pula kemampuan kognitif. Analisis lebih lanjut menunjukkan hubungan itu terjadi pada sebagian besar laki-laki yang berusia lebih dari 60 dengan tingkat vitamin D di bawah 35 nanomoles per liter.

Para peneliti memuat temuan mereka dalam Journal Neurology, Neurosurgery, dan Psychiatry.

"Jadi, jangan anggap remeh mereka yang kekurangan vitamin D," tandasnya.

sumber : inilah.com

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman