SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3198 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbagai Keluhan Bayi Baru Lahir

   

Berbagai Keluhan Bayi Baru Lahir



Memiliki bayi baru adalah sebuah hal yang menakjubkan. Setiap harinya Bunda akan tersenyum dan tertawa dibuatnya. Tetapi disamping itu mungkin Bunda juga akan merasa kuatir karenanya. Setiap hal yang menurut Bunda mengganggu si kecil akan terus Bunda kuatirkan dan bertanya-tanya dan mencari tahu apa penyebabnya. Tenang, Bun! Setiap Bunda baru mengalami beberapa keluhan bayi baru lahir.
Biasanya Bunda baru akan lebih panik karena belum ada pengalaman bagaimana menghadapi kasus ini. keluhan umum bayi yang biasa dialami Bunda adalah:

1.    Bercak merah di pipi
Siapa yang tidak senang mengelus pipi mungil seorang bayi. Tetapi kadang pipi bayi merah dan beruntusan. Bercak ini menimbulkan gatal dan membuat bayi rewel. Seringkali bercak ini dikira karena terkena Air Susu Ibu (ASI). Benarkah?
Tidak benar. ASI tidak menyebabkan bercak merah di pipi. Jadi Bunda tidak perlu kuatir bila ASI menempel di kulitnya. Bercak merah yang ada biasanya justru dikarenakan alergi susu formula yang biasa disebut dengan Eksim Susu. Selain alergi, bercak merah juga dipicu karena cuaca panas keringat, dan juga bila memiliki keturunan alergi susu.
Pencegahan: 
Berikan ASI daripada susu formula. Tidak ada bayi yang alergi terhadap ASI, sehingga si kecil tidak beresiko terkena Eksim Susu. Dan jangan lupa mandikan bayi dua kali sehari.

2.    Kulit kepala berkerak
Kerak di kulit kepala bayi biasanya timbul di minggu pertama hingga minggu ke empat sejak kelahirannya. Kerak kepala seringkali dikaitkan dengan posisi tidur bayi yang terlentang, kekebalan tubuh bayi dan karena Bunda tidak menjaga kebersihan selama hamil. Padahal tidak demikian. Kerak kepala disebabkan karena hormon Bunda yang masih ada dalam tubuh bayi. Hormon ini melepaskan minyak lebih banyak yang menimbulkan serpihan kulit yang menempel di kepala.
Cara mengatasi:
Ambil baby oil, lalu oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala bayi. Sisir perlahan supaya kulit yang menempel bisa terlepas. Lakukan saat bayi terlelap. Jangan mencabutnya bila masih keras karena bisa menimbulkan luka dan infeksi.

3.    Biang keringat
Biang keringat adalah gangguan kesehatan kulit yang seringkali dialami bayi. Biang keringat alias keringat buntet disebabkan karena tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit. hal ini dikarenakan fungsi kelenjar keringat bayi yang belum sempurna. Gejalanya muncul bintik-bintik kecil yang terkadang berisi air. Terasa gatal di kulit, bahkan panas. Tidak heran, bayi seringkali rewel dibuatnya.
Pencegahannya:
Pilihkan pakaian yang menyerap keringat dan mandikan bayi dua kali sehari.
Cara mengatasinya:
Gunakan bedak dingin atau salep yang mengandung Zinc Oxide. 

Masih ada beberapa keluhan bayi baru lahir yang akan dibahas. Sabar menanti ya, Bunda! Di artikel minggu depan, Infobunda akan membahas keluhan lainnya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman