SITE STATUS
Jumlah Member :
508.453 member
user online :
979 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Anak saya tidak mau minum asi

   

Anak saya tidak mau minum asi
Oleh :


Dok saya mau tanya, anak saya usia 2 bulan sekarang ini dia menolak kalau di kasih asi atau susu formula, seperti trauma dengan asi karena setiap saya deketin puting ke mulutnya dia langsung nangis dan memalingkan mukanya tapi ketika saya coba kasih air putih dia mau. Mohon solusinya dok?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Untuk bayi di bawah usia 6 bulan sebaiknya hanyalah mendapatkan ASI. Hindari pemberian cairan selain ASI untuk diminumkan. Apakah Bunda memberikan selingan minuman lain seperti susu formula selain ASI? hal tersebut juga bisa membuat bayi mengalami bingung puting sehingga tidak mau meminum melalui payudara. Apakah Bunda memakan makanan yang bercitarasa tajam? misalnya makanan terlalu pedas, atau berbau menyengat. Rasa makanan yang Bunda konsumsi juga bisa memempengaruhi rasa ASI, cobalah untuk memakan makanan yang rasanya tidak terlalu tajam dan perhatikan apakah ada perbedaan ketika bayi Anda meminum ASI. 

Apakah ASI Anda mencukupi?

Ada beberapa persiapan yang dapat bunda lakukan untuk memperlancar ASI yaitu sebagai berikut: 

1.Membersihkan puting susu dengan air atau minyak, sehingga epitel yang lepas tidak menumpuk.
2.Puting susu ditarik-tarik setiap mandi, sehingga menonjol untuk memudahkan isapan bayi. 
3.Bila puting susu belum menonjol dapat memakai pompa susu atau dengan jalan operasi. 

Sebelum menyusui, cucilah tangan yang bersih dengan sabun, perah sedikit ASI dan oleskan disekitar puting, duduk atau berbaringlah dengan santai. Berikut ini adalah cara yang benar dalam teknik merangsang mulut bayi dan menyusui ASI:

 1. Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi menyanggah seluruh tubuh bayi; bukan hanya leher dan bahunya saja. Kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu lalu dekatkan badan bayi ke badan ibu, sentuhkan bibir bayi ke puting susu ibu dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.
 2. Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikian rupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting susu. 
 3. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitu dagu menempel pada payudara ibu, mulut bayi terbuka lebar dan bibir bawah bayi membuka lebar.

Beberapa tanda bahwa teknik menyusui telah benar adalah; bayi tampak tenang, badan bayi menempel pada perut ibu, mulut bayi terbuka lebar, dagu bayi menempel pada payudara ibu, sebagian aerola masuk ke dalam mulut bayi (terutama aerola bagian bawah), puting susu tidak terasa nyeri, telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus, kepala bayi agak menengadah. 

Menyusui dengan teknik yang benar akan menghasilkan ASI yang keluar optimal sehingga bayi Anda tidak enggan untuk menyusu di waktu selanjutnya. Hindari pemakaian dot/empeng karena kemungkinan bayi akan menjadi “bingung puting”. Bila Bayi masih belum bisa meminum melalui payudara Bunda sama sekali setelah mencoba secara maksimal, lebih baik memerah ASI dan memberikan pada bayi menggunakan sendok atau pipet untuk mencegah bayi dehydrasi. Cobalah terlebih dahulu melalui payudara setiap kali akan memberikan ASI agar bayi terbiasa. Saran saya, Anda dapat mendapatkan pelatihan mengenai teknik menyusui di klinik laktasi RS setempat, demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman