SITE STATUS
Jumlah Member :
507.979 member
user online :
317 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Si Kecil Mengalami Biduran. Ini yang Perlu Ibu Lakukan



Blog posted by

Si Kecil Mengalami Biduran. Ini yang Perlu Ibu Lakukan


Blog posted on 06-10-2016

Urtikaria. Ini istilah di dalam dunia kesehatan yang sama artinya dengan biduran. Dan para ahli kesehatan kulit sudah menemukan apa solusi yang tepat untuk mengatasi biduran.



Bukan dengan memberi obat. Obat bukan solusi yang tepat. Karena bagaimana pun juga, anak kecil sebaiknya tidak terlalu banyak mendapatkan obat, apalagi obat-obatan kimia.



Biduran termasuk alergi. Dan alergi ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disembuhkan.



Dan untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut ini beberapa hal yang perlu ibu lakukan.



Mandi Tidak Menggunakan Sabun



Sebenanya bukan berarti ibu tidak boleh memandikan si kecil dengan menggunakan sabun. Hanya saja, karena kekhawatiran para ahli kesehatan di mana ibu menggunakan sabun dengan bahan kimia yang keras, maka mereka menganjurkan untuk tidak memandikan si kecil dengan sabun dengan bahan kimia keras.



Sebenarnya boleh saja asal ibu pastikan sabun yang ibu gunakan tidak menggunakan bahan kimia yang keras.



Jika ibu tidak yakin, sebaiknya tidak perlu memandikan si kecil dengan sabun. Cukup menggunakan air hangat saja.



Gunakan Lotion Penyejuk



Mungkin ibu khawatir si kecil tidak merasa nyaman karena mandi tidak menggunakan sabun. Namun, ada penggantinya. Setelah mandi, ibu bisa oleskan lotion penyejuk.



Lotion seperti ini bisa meredakan biduran lho. Ibu bisa beli lotion penyejuk yang memang ditujukan untuk mengobati biduran di apotek atao toko obat terdekat.



Memilihkan Pakaian yang Tepat



Ibu perlu menyimpan beberapa pakaian si kecil untuk sementara waktu hingga biduran sudah sembuh. Selama si kecil sakit bidaran, ibu sebaiknya memilihkan pakaian yang longgar. Pakaian yang longgar akan membuat kulit mendapatkan udara yang segar. Karena pakaian longgar bisa membuat sirkulasi udara lebih baik.



Selain itu, ibu juga perlu memilihkan pakaian dengan pori-pori kain yang lebar. Hal ini untuk menghindari si kecil berkeringat terlalu banyak. Karena biduran akan semakin sulit untuk disembuhkan jika si kecil sering berkeringat.



Jangan Beri Obat



Ada beberapa obat yang justru memincu biduran semakin parah seperti obat pereda rasa sakit.



Beberapa anak yang mengalami biduran memiliki suhu tubuh yang tinggi. Tidak hanya alergi pada kulit saja yang terjadi tapi juga demam. Terkadang orang tua akan memberikan obat penurun panas. Tapi, sebaiknya ibu tidak melakukan itu. Karena bukan tidak mungkin obat itu justru akan memperparah biduran yang dialami oleh si kecil.



Akan lebih baik jika ibu melakukan konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Ibu tidak perlu datang ke rumah sakit atau klinik. Ibu bisa konsultasi online di friso. Di sana ada forum tanya jawab dengan pakar kesehatan anak. Apapun pertanyaan yang ibu sampaikan akan direspon oleh dokter anak.



Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu. Ibu bisa share informasi ini kepada orang tua yang lain agar mereka tidak panik jika anak mereka mengalami biduran.



Yang pasti, biduran itu merupakan alergi yang sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Dengan menerapkan apa yang seharusnya ibu lakukan seperti penjelasan di atas, si kecil akan cepat sembuh dari biduran.



Dan untuk langkah pencegahan agar si kecil tidak mengalami biduran lagi, ibu perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena pada dasarnya alergi itu disebabkan juga oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak begitu kuat.



Berikut makanan yang bergizi tinggi dan jangan lupa pastikan si kecil minum susu setiap hari.





Ditampilkan sebanyak : 944

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman