SITE STATUS
Jumlah Member :
508.476 member
user online :
1070 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Anak Sering Tidur Berjalan. Perlukah Ibu Khawatir?



Blog posted by

Anak Sering Tidur Berjalan. Perlukah Ibu Khawatir?


Blog posted on 05-10-2016

Apakah ada hubungan antar tidur berjalan dengan tumbuh kembang anak? Penjelasannya sangat panjang.



Yang pasti, survey membuktikan anak kecil lebih banyak mengalami tidur berjalan daripada orang dewasa. Walaupun pada intinya tidak ada batasan usia. Semua orang bisa mengalami hal yang sama. Hanya saja, hal ini kebanyakan terjadi pada anak kecil.



Mengapa Anak Tidur Berjalan



Jika anak ibu mengalami hal tersebut, tentu ibu akan mencari tahu kenapa anak ibu tidur sambil berjalan. Sebagai orang tua, ibu pasti khawatir dengan hal tersebut.



Akan tetapi, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Tidur berjalan bisa dikatakan sebagai hal yang lumrah. Para ahli psikologi anak mengatakan tidur berjalan ini biasanya terjadi pada anak masuk pada masa pubertas.



Mengapa anak tidur berjalan? Banyak sekali faktor penyebabnya. Akan tetapi, secara umum, hal ini disebabkan oleh faktor kelelahan.



Ibu bisa lihat setiap kali anak lelah karena bermain atau beraktivitas penuh di pagi hari, ketika malam hari ia biasanya akan tidur berjalan.



Sebenarnya tidak sebatas tidur berjalan, tapi juga mengigau. Tidur berjalan dan mengigau merupakan kondisi setengah sadar namun terlihat tidur. Ada matanya yang masih tertutup ada juga yang matanya terbuka seperti layaknya orang yang tidak sedang tidur.



Apa yang Perlu Ibu Khawatirkan



Secara umum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, jika tidur berjalan tersebut disebabkan karena kelelahan, maka itu bisa menjadi pertanda bawasannya anak ibu kurang istirahat. Jika anak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat, bisa jadi perkembangan anak terganggu.



Dan ini yang ibu perlu khawatirkan.



Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Pertama-tama, ibu harus pastikan si kecil memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakan agar di siang hari ia tidur setidaknya 30-60 menit. Tidur di siang hari akan membuat otaknya lebih fresh dan siap untuk beraktivitas dan belajar di sore dan malam hari.



Selain itu, ibu perlu menenangkan pikiran si kecil ketika akan tidur. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan membacakan buku cerita atau dongeng.



Namun, pastikan ibu membacakan cerita yang inspiratif dan menyenangkan, bukan cerita yang membuat anak ketakutan ya.



Dan tentu banyak hal lain yang bisa ibu lakukan agar anak tidak tidur berjalan. Lihat saja tips lainnya yang dijelaskan secara lebih lengkap di www.ibudanbalita.com. Di sana juga ada penjelasan lebih detail penyebab anak tidur berjalan.



Setidaknya Ibu Harus Waspada



Jadi, pada intinya tidak ada yang perlu ibu terlalu khawatirkan. Hanya saja, anak yang tidur berjalan itu bisa ibu jadikan penanda bawasannya si kecil mengalami hal yang kurang seimbang antara kegiatan dan istirahat. Jadi, jika anak ibu sering mengalami hal tersebut, coba ibu lihat ke belakang apakah si kecil terlalu lelah bermain setiap hari?



Jika ya, maka ibu perlu membuat jadwal dan mengkompromikan dengan anak ibu. Tentu tidak mudah karena anak pasti suka sekali bermain bahkan hingga lupa waktu.



Tugas ibu adalah mengarahkan jangan sampai anak ibu kelelahan yang bisa berakibat pada kondisi kesehatannya yang kurang baik. Dan tidur berjalan itu salah satu tanda bawasannya anak ibu mengalami kelelahan.



Ibu perlu lebih banyak tahu tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Situs ibudanbalita memberikan segala hal yang ibu perlukan untuk memaksimalkan perkembangan anak.





Ditampilkan sebanyak : 468

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman