SITE STATUS
Jumlah Member :
508.225 member
user online :
278 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Mudahnya 6 Tips dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir



Blog posted by

Mudahnya 6 Tips dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir


Blog posted on 01-06-2016

Hai, Bunda! Menyambut kehadiran buah hati yang akan segera lahir tentu menjadi kebahagiaan tersendiri apalagi jika si kecil adalah yang pertama lahir dalam keluarga. Biasanya, akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum dan setelah si bayi lahir mulai dari segi asupan gizi dan kebersihan. Salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh para orang tua adalah cara memandikan bayi baru lahir yang tentunya sangat berbeda dari cara memandikan balita. Kami memiliki tips yang mudah untuk diikuti oleh para orang tua dan cara memandikan si kecil.




  1. Sebagai langkah awal, selalu siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan seperti baskom mandi berukuran sedang berisi air hangat bersuhu 36°C - 37°C. Hal ini penting sekali karena ketahanan tubuh si kecil yang sangat rentan terhadap suhu rendah. Selain itu, suhu yang rendah juga membuat kulitnya menjadi kering. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sabun bayi, waslap dan juga sampo bayi.

  2. Selain air hangat, siapkan juga handuk yang memang akan digunakan saat si kecil mandi dan bukan untuk mengeringkan badan. Biasanya, handuk diperlukan untuk mengerikan bagian tubuh yang basah setelah mandi, bukan? Nah, khusus untuk bayi yang baru lahir, kita harus selalu menutupi badan bayi yang sedang tidak dibersihkan. Misalnya, Ibu tengah membasuh badan bayi, makan bagian pinggang ke bawah harus ditutup agar ia tidak masuk angin.

  3. Satu hal yang diperlukan selain memperhatikan cara memandikan bayi baru lahir adalah dengan memilih sabun bayi dengan konsistesi sabun yang ringan dan berbahan dasar netral agar tidak menyebabkan iritasi (tanpa zat antiseptik). Busa yang berlebihan akan membuat kulitnya menjadi kering dan tentunya berbahaya jika sampai masuk ke dalam mata juga telinga. Usapkan sabun yang sudah dicampur dengan air dalam baskom

  4. Cara memandikan bayi bisa dimulai dengan meletakkan pergelangan tangan Anda di bagian belakang leher bayi agar tidak licin dan terlepas dari pegangan. Mulailah dengan mengelap seluruh tubuh secara merata mulai dari kepala, pundak, pinggang, pantat hingga ujung kaki. Usap juga perlahan bagian penting dari si kecil seperti mata dan juga telinga. Usahakan jangan menggunakan handuk yang terlalu basah, melainkan peras dengan seksama sebelum diusapkan agar air tidak masuk ke dalam mata dan telinga. Jangan lupa juga untuk memerhatikan lipatan-lipatan tubuh bayi karena bagian inilah yang paling banyak menyimpan bakteri dari keringat.

  5. Khusus untuk daerah kelamin, cara membasuhnya harus perlahan dari arah depan ke belakang. Beri sedikit sabun pada handuk lap dan keluarkan busanya lalu usapkan. Hal ini dilakukan karena tingkat sensitifitas kelamin bayi yang sangat tinggi. Jika bayi Ibu laki-laki, lap juga ujung kelamin tanpa perlu menariknya. Perhatikan juga bagian bawah dari buah zakar bayi.

  6. Usahakan untuk tidak memandikan bayi terlalu lama, cukup dengan 5-10 menit saja mengingat si kecil yang masih rentan terhadap air dan sabun. Jangan lupa untuk membilas tubuh si kecil hingga bersih dari sabun karena sabun yang tertinggal dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Setelahnya, segera keringkan badan bayi dan pakaikan bajunya ya, Bun.



Bagaimana? 6 Tips dan cara memandikan bayi baru lahir di atas tentu bisa bermanfaat untuk orang tua. Si kecil pasti makin wangi dan tentu merasa segar  setelah mandi.





Ditampilkan sebanyak : 879

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman