SITE STATUS
Jumlah Member :
507.978 member
user online :
390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Bunda, Ketahui Cara Memandikan Bayi yang Benar, Yuk!



Blog posted by

Bunda, Ketahui Cara Memandikan Bayi yang Benar, Yuk!


Blog posted on 27-04-2016

Cara memandikan bayi yang benar kadang masih sangat sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi Bunda baru yang belum berpengalaman sama sekali dalam memandikan buah hati yang baru lahir. Meski sudah mengantongi beberapa tutorial tentang tata cara memandikan bayi, namun kadang masih sangat riskan dilakukan sendiri tanpa pengawasan langsung dari orang yang lebih paham bagaimana memandikan bayi dengan benar.



Nah, Bunda. Cara memandikan bayi baru lahir akan perlahan-lahan bisa Bunda kuasai, kok. Jika tangan Bunda sudah terampil, Bunda akan bisa memandikan si Kecil dengan aman tanpa membuat kesalahan yang nantinya justru akan membuat buah hati merasa tidak nyaman. Bunda yang telah memiliki buah hati sebelumnya dan terbiasa memandikan bayi dengan tangan sendiri biasanya secara naluriah juga lebih mudah melakukannya saat memiliki bayi lagi.



Perhatikan waktu memandikan bayi



Namun, cara memandikan bayi yang benar juga harus menyesuaikan waktu yang tepat. Misalnya, jangan memandikan bayi seusai ia makan atau menyusu. Itu akan membuat bayi mengantuk saat dimandikan. Bunda juga tidak seharusnya memandikan bayi saat Bunda sedang diburu waktu untuk urusan tertentu di saat tersebut. Perlu Bunda catat, memandikan bayi dengan buru-buru akan berpotensi terjadi kesalahan yang bisa saja melukai si Kecil.



Sebagai contoh, kuku yang menggores kulit bayi, memaksakan gerakan yang mengakibatnya salah pergerakan tulang bayi atau kesalahan fatal lainnya. Untuk itu, tata cara memandikan bayi hendaknya dilakukan di waktu senggang di mana waktu Bunda hanya akan tercurah pada si Kecil. Nah, dengan demikian bunda bisa melakukan tahap demi tahap memandikan bayi dengan benar dan aman tanpa khawatir si Kecil menangis karena kaget atau kesakitan. Berikut ini langkah dan tahap memandikan bayi dengan cara yang lembut.



Lakukan tahap demi tahap dengan lembut



Sebelumnya, untuk cara memandikan bayi yang benar harus dilakukan persiapan-persiapan penting seperti air hangat, handuk, kosmetik bayi, pakaian bayi termasuk popok kain dan perlengkapan lainnya misalnya sarung tangan, kaos kaki hingga penghangat kepala. Selanjutnya, Bunda juga perlu untuk memastikan bahwa air yang akan digunakan untuk memandikan bayi berada di suhu yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Suhu air yang disarankan untuk memandikan bayi adalah 36-38° C.



Nah, sekarang saatnya Bunda meletakkan si Kecil di atas alas di samping bak mandinya. Lepaskan baju bayi dengan penuh hati-hati sambil mengangkat kepalanya. Jangan langsung memasukkan bayi ke dalam bak mandi ya, Bunda. Pertama-pertama harus diseka dulu mulai dari wajah terutama mata, leher, badan kemudian kedua tangan dan kaki. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan suhu tubuh bayi dengan suhu air hangat yang akan digunakan untuk mandi.



Cara memandikan bayi yang benar selanjutnya, ketika badan bayi sudah mulai basah dengan air, usapkan dengan sabun bayi pelan-pelan saja. Bersihkan seluruh bagian tubuh bayi dengan lembut dan hati-hati. Ketika sudah selesai, angkat bayi dan masukkan ke dalam bak mandi sambil tetap dipegangi. Gunakan satu tangan dan lengan Bunda untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Kemudian tangan yang lain untuk menyangga tubuh bagian bawah dan menempatkannya ke air, dimulai dengan kaki.



Bersihkan tubuh bayi dari sabun dengan air hingga bersih. Nah, agar air tak masuk ke mata atau telinga bayi, Bunda sebaiknya menyiapkan air setinggi 5 cm saja, atau setidaknya cukup untuk membilas badan si Kecil. Ketika membilas, mulailah dari kepala, tubuh, kemudian pantat dan kelaminnya hingga bersih. Setelah selesai, angkat dengan menyandarkan di dada, lalu tutupi dengan handuk agar bayi merasa hangat.



Nah, itulah cara memandikan bayi yang benar. Semoga bermanfaat, ya!





Ditampilkan sebanyak : 730

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman