SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2921 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Tips Mengatasi Anak yang Sulit Makan

(Posted:2010-07-08 11:44:36)

Mungkin Ayah atau Bunda pernah mendapati si kecil sulit diberi makan. permasalahan ini kerapkali dikeluhkan terutama oleh Bunda. Apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana mengatasi si kecil yang sulit makan?


Beberapa faktor penyebab dan solusi mengatasinya, antara lain:

1.    Bosan dengan makanan yang disajikan
Solusi: Bunda bisa membuatkannya hidangan yang lebih bervariasi, untuk itu bunda bisa memikirkan menu yang berbeda tiap minggunya. Tidak hanya itu. Bunda juga bisa berkreasi dengan masakan dan pintar-pintar mengolahnya. Jangan abaikan pula dalam menghidangkan masakan, sajikan dengan bentuk yang dapat menggugah selera makan si kecil.
2.    Anak khawatir tidak dapat menghabiskan porsi yang sudah ditakar
Solusi: Tanyakan pada si kecil seberapa banyak porsi yang diinginkannya. Jangan memberikan porsi yang melebihih kapasitas perutnya.
3.    Si kecil tidak mau makan karena sedang asyik bermain dengan temannya.
Solusi: Menjelang jadwal makan, segera hentikan aktivitas bermainnya.
4.    Anak dalam kondisi sakit atau sedang merasa sedih
Solusi: Jangan paksakan anak bila kondisinya tiba-tiba tidak ceria, beri makanan sehat padat kalori yang ia sukai misalnya makaroni skutel
5.    Terlalu banyak mengkonsumsi susu
Susu memang sangat baik untuk kesehatan, namun bagi orangtua yang agak kurang sabar untuk memberikan makanan padat biasanya sering menggantinya dengan susu untuk mencegah anak kelaparan. Hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi anak berusia 1 tahun keatas, kebutuhan susu untuk anak diusia 1 tahun keatas adalah 2 gelas sehari.
Solusi: Mulailah melatih anak mengurangi konsumsi susu yang berlebihan dan menggantinya dengan berbagai makanan sehat.
6.    Fase sikap membangkang anak
Pada usia 2 tahun ke atas ada fase dimana anak cenderung membangkang dan tidak mau mematuhi perintah. Bila disuruh makan si kecil suka melepeh dan melempar makanannya. Pada fase ini bila si kecil dipaksa maka ia akan semakin melawan. Bila dipaksakan masa si kecil akan semakin menolaknya.
Solusi: Bersikaplah komunikatif terhadap si kecil, jangan memaksanya namun tidak berarti juga Anda membiarkannya begitu saja.


Untuk mengatasi si kecil yang sulit makan diperlukan kesabaran dan komunikasi yang baik dengan si kecil. Jangan sampai memukulnya, memaksanya atau mengancamnya bila si kecil tidak mau makan.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman