SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
3411 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Gizi Tepat Untuk Daya Tahan Tubuh

(Posted:2007-04-13 10:01:18)

Bayi dan balita memerlukan perhatian akan nutrisi yang komplet supaya mereka dapat bertumbuh kembang dengan baik dan memiliki daya tahan tumbuh yang kuat. Untuk itu, bunda sebaiknya menyediakan zat-zat gizi yang diperlukan dengan lengkap. Menurut Dr. William Sears, zat-zat itu adalah:



  1. Lemak
    Lemak diperlukan sebagai penyimpanan terbesar sumber energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak yang tepat dan benar. Otak menggunaan 60 persen dari total energi yang dikonsumsi bayi, dan 60 persen dari otak adalah lemak. Lemak terbaik diperoleh dari ASI (untuk melihat secara detail manfaat ASI, klik rubrik Tentang ASI). Setelah itu ikan salmon, minyak rami, avokad, minyak sayur, dan mentega kacang (mentega ini hanya diberikan setelah bayi berusia 2 tahun).
  1. Karbohidrat
    Sebagai sumber energi, karbohidrat juga sangat dibutuhkan. Umumnya, persoalan yang timbul adalah memilih sumbernya, karena bunda harus memilih karbohidrat yang berasal dari zat tepung (gula) yang ‘baik’. Sumber gula yang ‘baik’ adalah apel, buncis dan kacang polong, ASI, produk olahan berbahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, kentang, sayuran, dan biji-bijian.  
  1. Protein
    Protein adalah makanan untuk tumbuh, bertanggung jawab pada pertumbuhan serta memperbaiki dan mengganti jaringan. Protein adalah satu-satunya nutrisi yang dapat menduplikasi sendiri. Selama tahun pertama, kebutuhan protein bayi dapat dipenuhi oleh ASI atau susu formula yang kandungannya lengkap (di antaranya mengandung zat gizi dan prebiotik untuk daya tahan tubuh). Semakin besar, anak akan membutuhkan sumber-sumber protein lain, yang terdapat pada makanan laut terutama ikan salmon, produk olahan berbagan susu seperti keju dan yoghurt, poong-polongan seperti kacang kedelai, tahu dan buncis, daging sapid an unggas, telur, entega kacang, dan padi-padian.
  1. Serat
    Serat, bagian yang tidak dapat dicerna dalam tepung dan buah-buahan, adalah pencahar alami yang membantu pembuangan produk sisa makanan dari usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padian dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik. Sumber lainnya adalah buah-buahan dan sayuran.
  1. Vitamin dan mineral
    Kedua zat gizi ini perlu terdapat dalam tubuh anak Anda, walaupun jumlahnya tidak besar. Keduanya tidak secara langsung memberi energi, tapi membantu makanan yang dikonsumsi bayi bekerja dengan lebih baik dan semua sistem tubuh juga berfungsi dengan baik. Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan yaitu A, C, D, E, K, dan 8 jenis vitamin B. Sementara itu, mineral terdiri dari kalsium, fosfor, dan magnesium (membantu pembentukan tulang kuat), zat besi dan tembaga (membangun darah), seng (mendorong kekebalan tubuh), sodium dan potasium (mengatur keseimbangan air dalam tubuh), serta beberapa mineral lain seperti yodium dan mangan.
  1. Makanan paling bergizi
    Menurut Dr. William Sears, makanan kaya gizi yang sebaiknya terdapat dalam menu balita Anda adalah:
    Avokad, brokoli, nasi merah, keju halus, telur, ikan salmon, buncis, mentega kacang, bubur gandum, pasta, kentang, tahu, dan susu. (hannie)

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman