SITE STATUS
Jumlah Member :
508.452 member
user online :
1021 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

35 Tip Praktis Menikmati Perjalanan

   

35 Tip Praktis Menikmati Perjalanan




    • Bagi yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo.
    • Bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi, lebih bijaksana jika melakukan persiapan total dengan kendaraan yang akan digunakan bersama keluarga. Periksa kondisi keseluruhan kendaraan, mulai dari mesin, rem, ban, kopling, lampu, busi dan yang lainnya, apakah masih layak untuk digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.
    • Siapkan anggaran, karena mudik ataupun liburan biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Buatlah daftar kebutuhan, perkirakan dana yang akan dihabiskan, tapi pikirkan juga untuk dana sesudah pulang berlibur.
    • Melakukan perjalanan jauh (kecuali dengan pesawat) pastinya juga membutuhkan dana esktra untuk makan. Biar hemat, bawa saja bekal sendiri. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.
    • Bawa juga makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya, roti, roti isi, burger dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot mencari warung, selain tentunya juga hemat.
    • Pastikan bekal makanan yang dibawa itu praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus AntarKota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.
    • Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.
    • Biarpun punya ATM, uang tunai tetap dibutuhkan, jadi bawalah secukupnya.
    • Sesuaikan pakaian dengan tema acara yang mungkin akan Anda lakukan selama liburan, hindari membawa pakaian yang tidak dibutuhkan.
    •  Cari tahu tentang iklim di tempat yang akan Anda tuju untuk membawa baju yang sesuai dengan iklim setempat.
    • Pilih pakaian Anda berkisar satu warna utama. Hitam dan khaki adalah pilihan sempurna, padu-padankan dengan warna yang netral, tambahkan warna dengan aksesori, serta bawa warna gelap supaya tidak mudah kotor.
    • Pilih pakaian yang ringan dan mudah dicuci.
    • Pastikan bahwa sebelum mudik atau berlibur, setiap anggota keluarga berada dalam kondisi yang fit, terutama bagi mereka yang bertugas menyetir.
    • Buat yang naik angkutan umum, terutama bus, pastikan bahwa Anda aman. Jangan sampai, ketika tidur digerayangi pencopet. Jadi, jangan taruh uang tunai dalam satu tempat. Sekali kecopetan, bisa hilang semuanya. Ada yang ditaruh di dompet, di tas, di saku, atau di celana yang terlipat di dalam tas. Ada juga yang suka menaruh uang di kaus kaki, atau di kantong tersembunyi yang terjahit dengan baju yang dipakai. Hati-hati juga dengan barang bawaan, termasuk perhiasan, ponsel, dan barang berharga lainnya.
    • Bila bepergian dengan kendaraan umum, jangan biasakan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal, biarpun dia teman seperjalanan. Banyak kejadian kriminal terjadi karena makanan dan minuman membuat korban terbius dan tidak sadarkan diri sementara pelaku mengambil barang-barangnya. Pakai perhiasan secukupnya saja, supaya tidak menarik perhatian pelaku kriminal yang sedang mengincar korban.
    • Buat yang membawa mobil pribadi, cek dulu kondisi kendaraan di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil, dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.
    • Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang. Ar juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes. Tak ada salahnya ada juga membawa sabun. Air ini juga berguna bila bawa anak kecil/bayi tiba-tiba BAB saat kita tengah berada di daerah yang sulit air (misalnya: sawah, hutan).
    • Dalam menaruh muatan di dalam kendaraan, urutkan barang berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.
    • Kebelet pipis adalah masalah rutin para pemudik. Untuk anak-anak dan laki-laki sih hal ini bukan masalah besar, tinggal berhenti saja di pinggir jalan. Tapi untuk para wanita ini bukanlah hal yang mudah. Untuk mengatasinya carilah pompa bensin besar yang ada toiletnya yang cukup bersih. Atau, cari saja Wartel, Kantor Polisi, Pusat Pertokoan, Losmen, Hotel, Masjid, dll.
    • Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.
    • Sebaiknya sebelum berangkat charge HP sampai penuh. Untuk daerah/area tertentu yang dilewati akan terjadi "blank spot" untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.
    • Kalau mau mudik, berikan nomor ponsel dan telepon di kampung halaman kepada tetangga yang tidak mudik. Jadi kalau ada sesuatu terjadi di rumah, kita bisa dihubungi.
    • Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu pulang yang masih memungkinkan kita untuk istirahat dulu di rumah barang sehari.
    • Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit agar suasana tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira.
    • Dengan mengantongi nomor telepon polisi dan Jasa Marga, info jalan tol akan sangat membantu saat kita mengalami masalah dalam perjalanan.
    • Banyak informasi seputar mudik yang disediakan beberapa lembaga. Bisa dari bengkel yang disediakan merek-merek mobil tertentu, atau dari provider ponsel, dan sebagainya. Isinya adalah daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, atau ATM di sepanjang rute perjalanan mudik. Bawalah brosurnya.
    • Jangan lupa dengarkan radio di mobil yang akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan.
    • Kalau membawa balita, aturlah barang bawaan agar ada cukup ruang gerak untuk mereka. Tempatkan barang yang dibutuhkan dalam perjalanan pada posisi yang mudah dijangkau, termasuk bekal, juga snack dan minuman (lebih baik air dari cola ataupun kopi). Jadi tidak perlu setiap saat memutar badan untuk memenuhi permintaan mereka.
    • Untuk mencegah tumpahan air ataupun minuman lain menyerap ke penutup kursi, bisa memanfaatkan diaper (popok sekali pakai) tipis. Diaper punya daya serap yang luarbiasa dan bisa langsung dibuang ditempat sampah. Plastik dan handuk juga bisa dipakai untuk alas kursi anak.
    • Bawalah tas berukuran sedang dengan penutup restleting ideal untuk menyimpan popok basah, celana dan baju lembab oleh keringat dan bahkan diaper yang penuh cairan. Menyimpannya di tas tertutup mencegah aroma dari barang-barang itu menyebar ke seluruh interior.
    • Tisu basah bermanfaat untuk membersihkan tangan dan badan anak. Bawa juga barang ini bila membawa balita.
    • Bila koper disimpan di bagasi atau di atas atap, penting sekali untuk menyimpan beberapa helai pakaian anak untuk ganti di perjalanan, untuk jaga-jaga. Sering berganti pakaian juga membantu menyegarkan anak dan membuatnya tampil lebih menarik ketika sampai di tujuan.
    • Keluar dari mobil tiap dua jam, karena balita butuh kesempatan untuk melemaskan otot dan menghirup udara segar. Untuk sesaat biarkan mereka bermain.
    • Ingat, jangan sekali-kali meninggalkan balita di dalam mobil tanpa pengawasan orang dewasa. Kecerobohan itu bisa berakibat fatal. Banyak anak tewas karena kepanasan dan terperangkap dalam mobil.
    • Berdoa sebelum memulai perjalanan. Selamat berlibur.  
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman