SITE STATUS
Jumlah Member :
253.391 member
user online :
2101 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Persiapan Sebelum Melahirkan

   

Persiapan Sebelum Melahirkan



Selamat datang di tahun yang baru! Bagi para calon ibu, persiapan sebelum melahirkan sangat penting untuk memastikan kelahiran si kecil berjalan lancar. Berikut beberapa tips yang bisa membantu.

• Kartu Identitas
Pastikan untuk membawa semua kartu identitas yang diperlukan seperti KTP, kartu asuransi, dan jenis kartu lainnya yang dibutuhkan untuk administrasi di Rumah Sakit. Simpan dalam tas kecil agar mudah diakses.
• Pakaian dan Peralatan Pribadi
Pilih beberapa potong baju atau daster yang mudah dikenakan, jangan lupa pakaian dalamnya. Ambil tas yang cukup besar supaya peralatan mandi bisa ditempatkan bersama. Tidak perlu membawa barang yang rumit seperti handuk besar atau hair dryer, cukup yang sederhana saja. Jangan lupa untuk membawa pakaian untuk si kecil yang sudah disiapkan jauh-jauh hari.
• Camera & Video Camera
Mengabadikan momen yang menyentuh hati tentu tak boleh dilupakan. Bunda bisa mendokumentasikannya untuk mengenang indahnya saat itu suatu hari nanti. Foto dan rekaman kelahiran bisa dinikmati lagi bersama si kecil. Dia bisa melihat, betapa sempurnanya kasih sayang seorang Bunda.

Selain persiapan fisik, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri siap melahirkan. Dengan mengetahui ciri-ciri ini, Bunda tidak akan ragu untuk segera mengambil tindakan ke Rumah Sakit atau bidan terdekat. Ciri-cirinya antara lain:
1.    Frekuensi buang air kecil lebih sering, karena adanya dorongan pada kandung kemih. Hal ini bisa terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum kelahiran.
2.    Adanya kontraksi beruntun setiap 10 menit sekali dengan durasi 30-70 detik. Semakin dekat, durasi semakin lama. Tetapi hati-hati dengan kontraksi palsu atau juga dikenal dengan kontraksi Braxton Hicks. Tidak seperti kontraksi palsu, kontraksi asli tidak akan hilang meski Bunda berganti posisi atau mencoba untuk relax.
3.    Kontraksi diawali di bagian atas perut menuju bokong atau pinggang.
4.    Keluar lendir darah atau bisa juga cairan secara terus menerus.
5.    Perut terasa kencang dalam posisi apa pun; berdiri, duduk, tiduran, dan posisi lainnya.

Yang tak kalah penting adalah persiapan mental. Siapkan mental yang kuat dan tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa Bunda bisa melalui semua ini. Katakan berulang-ulang dalam hati sampai rasa takut berkurang. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat.

Semoga persiapan sebelum melahirkan ini membantu Bunda merasa lebih siap dan tenang menyambut si kecil yang mungil. Selamat melahirkan!
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman