SITE STATUS
Jumlah Member :
253.381 member
user online :
1320 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berat Badan Ideal untuk Bayi

   

Berat Badan Ideal untuk Bayi



Jangan pernah membandingkan bayi Bunda dengan bayi tetangga yang chubby dan gemuk. Membandingkan bayi sendiri dengan bayi lain bukan langkah tepat. Bayi dilahirkan dengan ukuran dan ciri yang berbeda. Rata-rata berat badan bayi yang baru dilahirkan berkisar antara 2,5 4,5 kg.

Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Namun, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Untuk memantau pertumbuhan bayi, Anda dapat mengacu pada grafik pertumbuhan bayi yang disediakan oleh WHO. Grafik ini dapat membantu Anda memonitor berat badan dan panjang bayi setiap bulannya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang dapat Anda dapatkan pada posyandu atau dokter spesialis anak (DSA).

Menurut WHO, berat badan ideal untuk bayi usia 3 bulan adalah antara 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak usia 3 tahun adalah antara 11,4 kg - 18 kg. Namun, perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, sehingga tidak perlu khawatir jika berat badan bayi Anda sedikit di atas atau di bawah rata-rata.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Bayi:

1. Untuk bayi di bawah 12 bulan: BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bulan) : 2 ) + 4

a. Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus: BBL(gr) + (usia x 600 gram)

b. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus:

- BBL (gr) + (usia x 500 gram)

- (usia/2) +3

2. Untuk anak 1-10 tahun: BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (tahun)) + 8

Contoh:

Jika bayi Anda berusia 2 tahun 10 bulan, maka n = 2,10. Kemudian, n dikali 2 (sebagaimana rumus 2n), sehingga hasilnya adalah 4,20. Namun, jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan sebagai 4 tahun 20 bulan. Artinya, 20 bulan sama dengan 1 tahun 8 bulan, sehingga 4 + 1,8 = 5,8. Setelah itu, 4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8. Maka, berat badan ideal bayi Anda adalah 13,8 kg.

* BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan

Berikut adalah tabel berat badan anak normal sesuai usianya, yang diambil dari tabel pertumbuhan anak menurut WHO. Pada tabel dibedakan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan, yang memiliki nilai normal masing-masing.

  • - Anak yang berada antara batas bawah dan batas atas tergolong berat badan normal sesuai usianya.
  • - Anak yang beratnya berada di bawah batas bawah tergolong underweight (berat badan kurang).
  • - Anak yang beratnya berada di atas batas atas tergolong overweight (kelebihan berat badan)


Tabel Berat Badan Anak Sesuai Usia menurut WHO:

Ingatlah bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, sehingga tidak perlu khawatir jika berat badan bayi Anda sedikit di atas atau di bawah rata-rata. Yang terpenting adalah memberikan nutrisi yang cukup dan memantau pertumbuhan bayi secara teratur.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman