SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2867 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tunda Kehamilan saat Menyusui

   

Tunda Kehamilan saat Menyusui



Menjadi Ibu Menyusui (Busui) memberikan rasa bangga tersendiri. Tetapi di saat yang bersamaan menyusui membuat Bunda terbatas dalam memilih dan melakukan sesuatu, Salah satunya dalam memilih alat kontrasepsi. Yuk simak artikel berikut supaya Bunda bisa menunda kehamilan tanpa mengganggu produksi ASI!

Beberapa Busui yang memberikan ASI eksklusif pada bayi-nya tidak mengalami menstruasi pada beberapa minggu, bulan atau bahkan tahun. Hal ini terjadi karena keluarnya hormon prolaktin saat proses menyusui berlangsung. Hormon inilah yang mencegah produksi sel telur sehingga dapat dikatakan KB Alami.

Tetapi KB Alami bukan berarti menutup kemungkinan akan terjadinya kehamilan. Untuk mencegah kehamilan sebaiknya Bunda tetap menggunakan alat kontrasepsi yang aman untuk Busui.

Pil, Suntik, Implant

Ibu Menyusui sebaiknya menghindari alat kontrasepsi yang mengandung kombinasi hormonal. Seperti Pil, Suntik dan Implant yang mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan penggunaan KB yang mengandung hormon estrogen karena dapat mengurangi kandungan lemak dan produksi ASI.

Bila Bunda masih ingin menggunakan KB jenis Pil, pilihlah yang mengandung hanya hormon progesteron (mini pil). Mini pil ini dikenal juga sebagai KB Laktasi  yang memang diperuntukkan untuk ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI. Meski aman, WHO menganjurkan mini pil sebaiknya dikonsumsi enam minggu pasca melahirkan karena pola produksi ASI masih dibentuk dalam enam minggu setelah si kecil lahir.

KB IUD, Suntik 3 bulan dan Kondom

KB IUD adalah kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD, berbentuk huruf T yang terbuat dari plastik yang dililit tembaga dengan tali di ujung bagian bawah. Alat ini dimasukkan ke dalam rahim untuk menghalangi sperma bertemu dengan sel telur. KB IUD ini tidak mengandung hormon yang artinya KB IUD ini aman digunakan untuk Busui.

Karena tidak mengandung hormon estrogen dan progesteron, IUD tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. Kelebihan lainnya, KB IUD tidak memiliki efek samping yang berlebihan. Efek samping yang sering dilaporkan hanya sebatas mulas ringan, timbul flek, dan keputihan. Tetapi itu tidak selalu terjadi tergantung dari reaksi tubuh setiap Bunda.

Alat kontrasepsi lain yang bisa Bunda gunakan adalah KB Suntik 3 bulan (Depo) yang hanya berisi hormon progesteron sehingga aman untuk busui. Alat kontrasepsi kondom bisa juga digunakan untuk busui. Kondom sangat praktis digunakan tanpa mengganggu kualitas dan produksi ASI. Tetapi beberapa Bunda mengeluh gatal dan panas pada vagina karena bahan latex pada kondom.

Nah, kini Bunda sudah tahu KB jenis apa yang aman untuk Bunda yang sedang menikmati masa menyusui. Jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter untuk memilih mana yang paling cocok untuk Bunda.

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman