SITE STATUS
Jumlah Member :
508.412 member
user online :
632 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Setelah kb suntik 3 bulan haid tidak teratur dan ASI menjadi sedikit

   

Setelah kb suntik 3 bulan haid tidak teratur dan ASI menjadi sedikit
Oleh :


Dok, saya ibu menyusui anak saya baru berumur 4bulan, kenapa yaa setelah d pasang kb suntik 3bln asi saya jadi sedikit padahal kan kb suntik 3bln cocok untuk ibu menyusui? Terus haid sayapun jadi tidak teratur, sejak pakai kb suntik 29 april yang lalu saya baru mendapatkan haid 7 juni dan sampai tgl 20 juni darah nya hanya bercak saja, itu terjadi hanya 2 hari haid 2harinya lagi hilang, terus saja seperti itu, dan dri tgl 20-25 darah itu hilang, tapi sekarang tgl 26 muncul kembali bercak, apakah itu bisa d katakan haid atau apa? Hal apa yang harus saya lakukan agar haid saya kembali normal dan asi saya mnjadi banyak kembali?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pemakaian kontrasepsi tunggal progesteron, seperti yang terkandung di dalam suntik Kb per 3 bulan ( depo) dapat memberikan efek pada siklus menstruasi yaitu tidak teraturnya siklus menstruasi atau terjadinya flek dan perdarahan di luar siklus menstruasi yang lambat laun akan berkurang bahkan tidak terjadi menstruasi lagi selama pemakaian kontrasepsi progesteron tunggal. Hal ini kerap di temui oleh pengguna kontrasepsi progesteron tunggal. Metode kontrasepsi ini dapat digunakan oleh ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI. Bila Bunda tidak nyaman dengan metode kontrasepsi hormonal, maka dapat mencoba metode kontrasepsi IUD yang tidak mengandung hormon.
Makin banyak ASI yang dikeluarkan dari gudang ASI (sinus laktiferus), makin banyak produksi ASI. Dengan kata lain, makin sering bayi menyusui makin banyak ASI diproduksi. Sebaliknya, makin jarang bayi menghisap, makin sedikit payudara menghasilkan ASI. Jika bayi berhenti menghisap maka payudara akan berhenti menghasilkan ASI. Rajinlah menyusui ASI pada bayi Anda karena gerakan menyusu pada payudara akan merangsang produksi ASI. Bunda juga bisa merangsang produksi ASI dengan memeras ASI secara teratur.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman