SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2914 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Keputihan

   

Keputihan
Oleh :


ass. selamat malam dokter, sy mau tanya tentang masalah kewanitaan. saya punya masalah sm keputihan,sy sudah pernah tanya teman yg bidan katanya maslah keputihan sy itu normal soalnya ciri2nya keputihannya warna bening, kadang putih, gak gatal kl, gak bau kl posisi kering. yg sy tanyakan apa yang harus sy lakukan untuk mengurangi semuanya krn ktnya kl keputihan gak bisa hamil. sy sdh nikah dpt 11 bln. terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Masalah keputihan, lebih baik Bunda diperiksa langsung oleh dokter untuk lebih meyakinkan apakah keputihan tersebut termasuk yang fisiologis ataukah patologis. Keputihan yang patologis dapat disebabkan oleh bakteri maupun jamur, penanganannya juga berbeda tergantung dari penyebabnya. 
Keputihan fisiologis sebenarnya bermanfaat untuk vagina, dalam menjaga vagina dari bahaya infeksi juga menjaga suasana vagina tetap normal. Keputihan yang fisiologis ini dapat sedikit berubah warna , bau atau kekentalannya ketika menjelang menstruasi maupun ketika sedang terangsang sebelum hubungan seksual karena mempersiapkan vagina dengan cairan lubrikasi. Membersihkan daerah vagina setelah buang air kecil dengan air dari arah depan ke belakang dapat mencegah adanya infeksi, namun tidak membasuh vagina dengan cairan antiseptik secara terus menerus karena akan mematikan flora normal yang bermanfaat bagi keseimbangan bakteri di daerah vagina. Cukup basuh vagina dengan air setelah buang air kecil dan mengeringkan dengan baik sebelum menggunakan pakaian dalam. Gunakan pakaian dan pakaian dalam yang kering dan baik agar tidak lembab. 

Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Jika Bunda berjauhan dengan suami, artinya tidak melakukan hubungan sexual dengan rutin 2-3 hari sekali. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman