SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2247 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

GATAL DIBADAN/PERUT USIA 34 WEEK

   

GATAL DIBADAN/PERUT USIA 34 WEEK
Oleh :


Siang Dokter Tanti, saya hamil masuk diusia 34 week, tiap hri ngeluh gatal dibadan, apakah ada cream khusus untuk mengatasi gatal tesebut, apakah itu sebagian bwaan baby ya dokter,sama kdang susah BAB jg dokter, kami tunggu pencerahan nya ya dokter tanti, terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Karena perubahan hormonal dan juga tertariknya kulit seiring bertambahnya berat badan Bunda dan besarnya kehamilan, keluhan gatal pada kulit seringkali ditemukan. Bila gatal ini menganggu Bunda, hindari mandi air panas, berikan kelembapan pada kulit dengan cara memakai pelembab yang aman bagi wanita hamil, kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal bila perlu. Makanlah makanan bergizi dan asupan air minum yang cukup agar tidak dehydrasi dan memperparah kulit kering. Periksakan pada dokter Bunda bila keluhan gatal sangat hebat terjadi pada sekujur tubuh mungkin ada penyebab lain dan perlu pemeriksaan lebih jauh lagi.
Ibu hamil juga kerap mengalami konstipasi. Masalah konstipasi berhubungan dengan perubahan hormonal sehingga terjadi relaksasi otot saluran pencernaan sehingga perjalanan sisa makanan akan lebih lambat dan bertambahnya penyerapan yang menghasilkan kotoran yang keras dan padat. Selain itu tingginya asupan zat besi pada suplemen kehamilan juga menjadi salah satu faktor terjadinya hal ini. Namun jangan terlalu khawatir akan hal ini. Bunda sebaiknya makan banyak sayuran berserat , minum banyak air setidaknya sampa 12 gelas sehari, rajinlah berolahraga (yang aman bagi ibu hamil seperti berjalan kaki atau berenang), lakukan buang air besar begitu bunda merasakan desakan ingn BAB , jangan menundanya. Apabila bunda masih mengalami konstipasi lebih lanjut lagi, anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk terapi yang tepat. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman