SITE STATUS
Jumlah Member :
507.931 member
user online :
283 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perut keram & Kewajiban minum susu hamil

   

Perut keram & Kewajiban minum susu hamil
Oleh :


Siang Dok, saat ini UK saya jalan 6 minggu, namun perut saya sering sekali mengalami keram, apakah ini normal ya dok? dan juga saat ini saya belum konsumsi susu hamil, apakah susu hamil wajib dikonsumsi dok?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
    Pada awal kehamilan wajar dirasakan kram atau kedutan pada perut bagian bawah seiring berkembangnya rahim Anda. Namun apabila Anda merasakan kram yang dahsyat atau berupa kontraksi juga disertai adanya flek atau perdarahan, maka segera temui dokter Anda.
   Kram dan perut penuh yang di rasakan dapat juga berhubungan dengan saluran pencernaan. Saat hamil terjadi perubahan hormonal pada tubuh Bunda. Salah satunya adalah pengaruh hormon progesteron terhadap otot polos pada saluran pencernaan. Hormon tersebut membuat otot-otot tubuh tremasuk saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan gerakan usus berkurang. Hal ini dapat menyebabkan konstipasi dan perut kembung  dan terasa tegang atau kram yang umum di rasakan oleh ibu hamil serta tidak berbahaya, namun bila tidak dapat buang air besar berhari-hari Bunda harus waspada karena kotoran harus dibuang secara rutin. Untuk mencegah hal ini maka Bunda dapat merubah porsi makan menjadi lebih kecil dan lebih sering misalnya menjadi 6 kali sehari porsi kecil daripada 3 kali sehari porsi normal, Kunyahlah makanan dengan lebih pelan agar mengurangi tertelannya udara serta mencerna makanan dengan baik, hindari makanan tertentu yang seringkali membuat Bunda merasa kembung ( minuman bersoda, makanan yang pedas, kol atau kacang-kacangan pada beberapa orang menyebabkan kembung), makanlah dalam posisi tegak dan menunggu sampai setidaknya setengah jam sebelum berbaring setelah makan serta perbanyak asupan serat misalnya di dalam sayur-sayuran. Bila perut kembung, Bunda dapat mencoba berjalan-jalan atau olahraga ringan, mengusap perut Bunda dengan gerakan sirkular atau memutar, meminum air hangat dan BAB dengan rutin setiap harinya.

   Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman dan dianjurkan untuk menggunakan tambahan suplemen asam folat. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bunda juga  bisa mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan nutrisi lainnya sebagai suplemen.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman