SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2953 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KB Menunda Kehamilan




Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Bidan ini diasuh oleh Bidan Yustianti, AMKeb yang saat ini aktif sebagai bidan di Rumah Sakit swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kehamilan atau kelahiran, silahkan klik tombol dibawah ini.

KB Menunda Kehamilan
Oleh :


assalamualaikum bu bidan , saya mau bertanya , saya baru menikah kemarin hari sabtu tgl 18 oktober 2014, saya berhubungan dengan suami saya hari minggu subuh, saya dan suami saya sepakat untuk tidak memiliki anak dahulu, karena kontrak kerja dilarang hamil 2 thn, saya tidak memakai kontrasepsi dan begitu juga suami saya.. haid saya bulan september kemarin , saya takut nanti saya hamil, obat nya apa ya bu bidan ? saya searching di internet menggunakan postinor 2 atau microgynon 30 ed , sedangkan saya hanya punya microgynon dari lingkaran biru , apakah bisa menjadi kontrasepsi darurat ? bagaimana cara penggunaannya ?
   
 
Bidan menjawab


Wa'alaykumussalam bunda Kikitintan,
Sebelumnya saya ucapkan selamat atas pernikahannya smoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah. Sayang sekali bunda tidak menyebutkan tanggal hari pertama haid terakhir bunda ( bulan september ), sehingga tidak diketahui kapan masa suburnya. Hubungan intim tanpa pengaman / alat kontrasepsi yang dilakukan pada saat masa subur, kemungkinan untuk hamil sangat besar, bila diluar masa subur maka kemungkinan untuk hamil sangat kecil. Sebaiknya jika ingin menunda kehamilan, gunakanlah alat kontrasepsi ataupun dengan menghindari berhubungan intim pada masa subur. Kontrasepsi darurat terbagi menjadi 2 bagian yaitu, mekanik ( IUD yang mengandung tembaga ) dan medik ( pil kombinasi serta pil hormonal ). Untuk penggunaan pil mycrogynon 30 ( pil kombinasi ) dapat digunakan 2x4 tb selama 3 hari.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman