SITE STATUS
Jumlah Member :
310.304 member
user online :
1305 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Batas Maksimal Melahirkan Secara Caesar

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Batas Maksimal Melahirkan Secara Caesar 18-February-2014
Oleh :


Dok, saya udah punya tiga anak perempuan usia 5,5th, 3 th & 1,5 th dan ketiganya lahir secara ceasar. Pada saat kelahiran anak ketiga saya juga langsung steril karena takut kebobolan lagi. Namun sekarang saya dengar bahwa seorang ibu yang melahirkan dengan cesar batasnya bisa 4 kali, aapa benar? Karena sekrang saya ingin punya anak laki-laki (ketiga anak saya semuanya perempuan). Apa saya masih bisa & boleh hamil lagi mengingat saya sudah steril & cesar 3 kali. Selanjutnya apa benar dengan program bayi tabung kita bisa memilih jenis kelamin anak yang kita inginkan? Terima kasih sebelumya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda,
Menurut informasi Anda, telah dilakukan operasi sterilisasi, saya tidak dapat menjanjikan kemungkinan untuk dapat hamil kembali.
Biasanya operasi steril dilakukan bila sang ibu ingin mendapatkan KB permanen, menurut teori, ikatan pada saluran tuba dapat dibuka kembali (bila dilakukan pengikatan saluran tuba), namun recovery dari tindakan tersebut tidak dapat saya pastikan keberhasilannya.
Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang telah membantu operasi caesar Anda terdahulu karena beliau yang lebih mengerti mengenai keadaan Anda.
Biasanya luka bekas operasi dapat sembuh dan aman untuk hamil kembali setelah 2 tahun.
Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman