SITE STATUS
Jumlah Member :
484.421 member
user online :
1332 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Masalah Keputihan

   

Masalah Keputihan
Oleh :


dok, saya seorang wanita usia 24 th, saya blm menikah dan masih virgin. sy sring mnglmi kputihan, dri yg brwrna bening smpai putih sprti susu, aplgi kl keadaan mengejan selalu keluar keputihan, tp tidak gatal dan tidak pnas. dulu prnh sya priksa bag. kandungn kty kulit sya trlalu snsitif dan lembab, pernah d usg juga kty norml tdk ada yg aneh. apakh itu gjala kista/tumor kndungn dok? bgmn kl mau cek hrs cek apa?,mohon di jwb dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Member InfoBunda,

Apabila mengalami keputihan yang berjumlah banyak, lebih banyak daripada normalnya yang Bunda alami, terutama bila keputihan tersebut berwarna kekuningan , kehijauan atau putih seperti susu atau keju, mengeluarkan bau tidak sedap, maka periksakan pada dokter. Keputihan yang fisiologis atau nomal tidak memiliki warna ataupun berbau tidak sedap. 

Penyebab keputihan yang berwarna atau berbau dapat oleh karena adanya infeksi oleh bakteri atau jamur. Faktor stress secara psikologis juga dapat memicu keluarnya cairan vagina lebih banyak dari biasanya, namun bila tidak disertai infeksi oleh bakteri ataupun jamur, hal ini tidak menyebabkan keluhan kesehatan. 

Jagalah kebersihan daerah kewanitaan, membasuh daerah vagina dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya, cukup dengan air bersih atau dengan sabun khusus kewanitaan, pakailah pakaian dalam yang kering, dan pakaian yang memiliki aliran udara yang baik (tidak ketat).

Kebiasaan membasuh daerah vagina secara berlebihan dapat memicu terjadinya masalah keputihan. Cairan vagina pada dasarnya merupakan pelindung daerah vagina, bila dilakukan pembasuhan untuk menghilangkan cairan tersebut terutama secara berlebihan, maka masalah akan semakin timbul.

Keputihan yang tidak disebabkan oleh infeksi, dapat juga dicurigai oleh karena adanya alergi. Anda dapat mencoba mengganti sabun detergent yang Anda pakai untuk mencuci pakaian dalam, dengan sabun yang lebih lembut. Penggunaan panty liner juga mungkin menimbulkan masalah bila ternyata kulit Anda mengalami alergi kontak dengan bahan panty liner tersebut.

Jangan terlalu khawatir terhadap adanya penyakit lain pada organ reproduksi Anda. Bila siklus menstruasi Anda terjadi dengan teratur maka kemungkinan besar fungsi organ reproduksi berjalan dengan baik. Dokter Anda juga sudah memeriksa dan juga sudah dilakukan pemeriksaan tambahan USG dengan hasil yang dalam batas normal. Maka itu, jagalah kesehatan Anda dengan baik, makan makanan yang bergizi, beristirahat dan berolahraga dengan seimbang.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman