SITE STATUS
Jumlah Member :
485.533 member
user online :
2620 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pertumbuhan dan perkembangan otak bayi

   

Pertumbuhan dan perkembangan otak bayi
Oleh :


dok, saya mau tanya kalau ada gak vitamin buat otak bayi (seperti vitamin penambah kecerdasan anak) anak saya baru berumur 9 bulan. karena anak saya alergi sama ikan (seperti ikan salmon)
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Kecerdasan anak selain didapat secara genetika juga tergantung dari lingkungan tempat Ia belajar. Anak yang  berada dalam lingkungan belajar dan pola pengasuhan yang baik juga akan memiliki kecerdasan dan pembelajaran yang baik pula, berbeda dengan anak yang berada pada lingkungan yang buruk seperti gaduh, penuh dengan contoh-contoh tidak baik, tutur kata yang tidak patut ditiru, pengasuh yang acuh tak acuh serta kurang kasih sayang, lingkungan yang tidak memicu anak untuk terus belajar dan berkembang dan lain-lain. Selain itu, istirahat atau tidur yang cukup juga telah diteliti dan menunjukkan bahwa jumlah tidur yang cukup dapat membantu kecerdasan, tidak perlu tidur malam yang cukup lama, namun tidur yang berkualitas termasuk tidur siang. Nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan otak dan syaraf anak sebenarnya harus dimulai sejak anak itu di dalam kandungan. Sang ibu memakan makanan yang penuh dengan gizi baik dan pengolahan makanan yang baik, menghindari lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok dan polusi serta alkohol. Setelah anak dilahirkan, ASI sangat berguna sebagai nutrisi utama perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak termasuk otak dan kecerdasan. Ada banyak sekali nutrisi dari ASI yang hanya bisa didapatkan dari ASI dan tidak terdapat pada susu formula. Setelah anak memasuki masa MPASI, Bunda dapat memberikan nutrisi melalui bahan makanan alami secara bertahap. Bahan makanan yang mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasan antara lain seperti :

Antioksidan didapat dari; sayur dan buah-buahan berwarna terang yang juga mengandung vitamin C dan E. 

Kolin yang didapat dari; kuning telur, kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, yoghurt, tahu.

Omega-3 yang didapat dari; ASI, Salmon, udang, tiram, walnut, makanan dan minuman yang diperkaya omega-3 ( telur dan susu formula).

Karbohidrat kompleks  yang didapat dari pasta, beras merah, sereal dan lain-lain.

Bila anak Bunda mengalami alergi dari salah satu bahan makanan, carilah alternatif lain yang memungkinkan sebagai sumber nutrisi. Ingatlah bahwa bahan makanan bukan penentu utama perkembangan kecerdasan, namun dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti yang telah saya sebutkan di atas.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman