SITE STATUS
Jumlah Member :
279.599 member
user online :
3903 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

condiloma

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

condiloma 17-February-2014
Oleh :


Dok,saat ini saya sedang hamil 1 bulan,,tetapi di area sekitar nona V saya seperti ada yang aneh kata bidan yang memeriksa ini sejenis penyakit Condiloma,,dan penyakit ini harus dilaser. pertanyaan saya adakah alternatif lain yang bisa saya lakukan untuk mengobati sewlain di laser? lalu apakah aman laser bagi janin saya? terimakasih dok,
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Condiloma acuminata dikenal juga sebagai Jengger ayam atau kutil pada daerah genitalia (kelamin). Penyakit ini disebabkan oleh Human Papilloma virus (HPV) dan ditularkan biasanya lebih sering oleh hubungan sexual (termasuk dalam sexual transmitted disease,STD).
Apabila Bidan Anda mencurigai adanya Condiloma, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Spesialis kandungan (OBSGYN) untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Condiloma dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan dan janin yang dikandungnya meski tidak selalu terjadi.
Bagi penderita condiloma disarankan untuk menggunakan condom ketika berhubungan intim selagi masa pengobatan atau sampai Condiloma tersebut teratasi.
Metode pengobatan bervariasi, dari digunakan obat-obatan topical sampai pada operasi  ataupun metode Laser. Dari seluruh metode pengobatan, kesempatan untuk kambuh masih bisa terjadi. Sebaiknya memeriksakan hasil biopsy untuk lebih lanjut.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman