SITE STATUS
Jumlah Member :
292.694 member
user online :
5754 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sering Keram pada Kaki

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Sering Keram pada Kaki 18-February-2014
Oleh :


Siang dok, suami sy umur 29 sering mengalami keram di kaki pada pagi hari setelah bangun tidur, sakit terjadi pada persendian, pernah kami berobat dan diagnosa penyakit rematik dan bila suami sy kecapean/kena air hujan rasa sakit'y menjalar pada persendian tangan dan rasa'y sakit sekali sampai kaku pada bag. persendian kaki, jd gejala sepeti itu penyakit apa dok?mhn saran'y. trims
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda yuyuk roniyanti, Penyakit rheumatic merupakan penyakit auto imun yang biasanya menyerang persendian, dapat berpindah-pindah tempat tidak menentu pada satu tempat saja. Biasanya akan timbul nyeri sampai kaku. Apabila rasa nyeri ini amat mengganggu, pada pertolongan pertama dapat menggunakan obat AINS seperti parasetamol yang diminum sesuai dosis. Anda juga dapat menggunakan krim yang mengandung Pyroxicam untuk meredakan nyeri pada persendian. Anda dapat juga melakukan fisio terapi yang akan dilakukan oleh terapis untuk meredakan nyeri dan kekakuan. Pada terapi ini akan dilakukan penyinaran infra red, dan pemijatan electric di daerah sendi yang sakit. Karena penyakit ini adalah penyakit auto imun, maka obat-obatan hanya bersifat meringankan, tidak menyembuhkan. Minumlah vitamin dan menjaga kebugaran badan anda. Apabila sakit berkelanjutan, hubungi dokter anda untuk terapi lebih lanjut.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman