SITE STATUS
Jumlah Member :
499.993 member
user online :
907 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

anak saya di diagnosa TB

   

anak saya di diagnosa TB
Oleh :


Dokter yang baik, anak saya berumur 15 bulan,saat ini dokter mendiagnosa anak saya mengalami gangguan immunitas tubuh nya, di tandai dengan tidak naik nya Berat badan, napsu makan menurun dan ada benjolan-benjolan seperti pembuluh darah yang kaku di sekitar telinga dan leherdan permukaan lidah berwarna putih. Dokter menyarankan untuk tes darah dan hasilnya menurut dokter mengisyaratkan adanya dubakteri para thypy, pembengkakan pada jantung dan serta adanya infeksi TB. Akhirny anak saya di sarankan untuk tes rontgen, hasilnya kata dokter paru2 anak saya berakar..saya tanyakan apakah ini pasti indikasi TB, atau ada kemungkinan bronchitis tapi dokter belum mau menjawabnya karena menurut beliau harius konsentrasi pada penyakit tipus nya, mohon pencerahannya dok, saya ingin tahu agar bisa melakukan upaya maksimal untuk buah hati saya, terimakasih sebelumnya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Penyakit Typhoid dapat diketahui dari tanda dan gejala yang terjadi seperti;, demam pada malam hari, sakit kepala, lemas, selalu mengantuk, diare atau konstipasi yang umumnya terjadi. Pada orang dewasa dan anak usia sekolah lebih mudah untuk dilakukan pemeriksaan di bandingkan dengan anak bayi atau balita.  Selain pemeriksaan Fisik, dilakukan juga pemeriksaan penunjang. Untuk pemeriksaan penyakit Typhoid (Tifus) saat ini pemeriksaan widal sudah tidak terlalu efektif lagi terutama bila tidak disertai bukti pemeriksaan fisik yang kuat mengarah pada tanda dan gejala penyakit typhoid. Untuk memeriksa adanya penyakit typhoid secara lebih lanjut lagi, dapat dilakukan pemeriksaan ELISA  maupun dengan cara biakan kuman dari contoh feses dan darah.  Apabila hasilnya positif maka dapat dilakukan pengobatan yang sesuai dengan penyakit typhoid.

Penyakit TBC dapat menyerang kelenjar (Tuberculous Lymphadenitis), usus dan Paru serta organ lainnya. Untuk mendeteksi adanya infeksi TBC pada anak yaitu dengan gejala fisik berupa masalah menurunnya nafsu makan, berat badan menurun atau sulit bertambah, batuk yang tidak kunjung sembuh terutama malam hari, suhu badan meningkat ringan terutama malam hari, gambaran foto X- ray yang mendukung diagnosis TB dan dapat juga di lakukan pemeriksaan sputum,  uji  Mantoux pada anak untuk mengetahui apakah ada infeksi TB atau tidak. Sebagai pedoman sebaiknya diagnosis Tuberkulosis harus dengan pengamatan seksama tentang adanya : Gejala klinis, kontak erat serumah penderita TBC (dipastikan dengan dengan pemeriksaan dahak positif), pemeriksaan yang harus dilakukan adalah Foto polos dada (roentgen), tes mantouxt (positif : > 15mm bila sudah BCG, Positif > 10 mm bila belum BCG).

Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman