SITE STATUS
Jumlah Member :
291.418 member
user online :
4492 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Demam typhoid pada anak

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Demam typhoid pada anak 18-February-2014
Oleh :


Dokter yang cantik, beberapa hari lalu anak saya umur 2,5 th BB 15kg panas selama 2 hari dan panasnya mulai sore hari sampai malam naik turun pagi hari tidak panas. hari ke 3 sy bawa ke dokter anak tes darah kesimpulan dari dokter positif typus, harus opname tp nunggu hari 4 kalo masih panas dan kondisi drop gak mau makan dan minum langsung opname. Kondisi anak sy wkt itu makan oke air putih banyak susu mau banget kondisi ceria seperti biasa. Sampai rumah sy liat hasilnya kok negatif? kenapa dokter bilang positif? (itu yg mau sy tanyakan). Kemudian hr ke 4 tidak panas dan tidak rewel makan minum seperti biasa sy karantina agar bisa bed rest dan tidak jd opname. Opini dokter?? tx be4
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Sakit typhus atau demam Typhoid dapat bergejala antara lain adanya kenaikan suhu tubuh terutama saat malam hari dan membaik pada saat siang hari, susah BAB maupun diare, nafsu makan menurun, mual, sering menyebabkan keluhan sakit kepala, lemas dan ingin tidur terus. Pemeriksaan darah untuk demam typhoid yang umum dilakukan adalah pemeriksaan widal yang efektif terlihat pada hari ke-7 sejak awal terjadi demam. Pada awal sakit (sekitar hari 1-5) gejala panas, demam, pusing dan tidak nafsu makan dapat juga di temui sebagai tanda penyakit lain, misalnya demam berdarah ataupun flu yang umum terjadi. Maka itu, banyak juga dokter yang melakukan pemeriksaan darah pada hari ke-3 demam untuk menyingkirkan adanya kemungkinan diagnose lainnya, namun hasil dari pemeriksaan widal pada hari ke-3 demam belum efektif untuk di baca. Anda dapat kembali memeriksakan anak Anda setelah hari ke-7 untuk pemeriksaan ulang, dan pemeriksaan lab darah bila perlu. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman