SITE STATUS
Jumlah Member :
310.683 member
user online :
1713 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hamil setelah KB

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Hamil setelah KB 18-February-2014
Oleh :


dok, saya mau bertanya. Dulu sehabis saya melahirkan anak 1 saya langsung bebeerapa bulan kmudian melakukan KB. KB yg saya pilih adalah suntik setiap bulannya. (Suntik Juli 2009 - Feb 2012) Karena saya ingin program punya anak lagi,maka februari kmrn sudah tidak suntik lagi, tapi kok belum dpt mens juga ya. Apakah saya harus menunggu mens lagi utk hamil ato bagaimana dok. Trima kasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Dalam penggunaan KB suntik 1 bulan, pada umumnya efek kontrasepsi akan berakhir begitu tidak di lakukan penyuntikan kembali. Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder. Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil. Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman