SITE STATUS
Jumlah Member :
241.398 member
user online :
5726 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Wasir setelah melahirkan

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Wasir setelah melahirkan 18-February-2014
Oleh :


siang dok, saya mau nanya, mohon jawaban nya yah dok? saya inolla, saya habis melahirkan 2 bulan yang lalu dengan operasi cesar. yang mau saya tanyakan, setelah habis melahirkan saya ambeien. pas buang air besar keluar darah yang banyak. di lubang pantat juga udah keluar daging sebesar kuku jari kelingking. bagaimana itu ya dok? apa yang harus saya lakukan? mohon jawaban nya yah dok...
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Wasir dapat timbul dikarenakan adanya tekanan dari rongga abdomen sehingga mendorong vena pada dinding saluran pembuangan kotoran (akhir dari saluran pencernaan). Untuk mencegah terjadinya wasir yaitu dengan mengurangi tekanan pada rongga abdomen. Tekanan rongga abdomen akan menjadi tinggi ketika mengejan (ketika buang air besar yang keras atau konstipasi, ketika proses melahirkan, ketika batuk atau mengangkat benda berat). Perbanyaklah makan makanan berserat (sayuran dan buah-buahan adalah serat alami yang terbaik), perbanyak minum air putih terutama sebelum waktu anda buang air besar, tidak menunda waktu buang air besar agar usus anda tidak menyerap cairan berlebihan dari sisa kotoran yang akan membuat kotoran menjadi keras dan sulit dikeluarkan.Apabila wasir telah terjadi dan vena keluar dari lubang anus bahkan berdarah, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.Demikian jawaban, saya semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman