SITE STATUS
Jumlah Member :
280.503 member
user online :
1025 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bolehkah ibu hamil menggunakan lotion anti nyamuk ?

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bolehkah ibu hamil menggunakan lotion anti nyamuk ? 18-February-2014
Oleh :


Dokter, Perkenalkan nama saya Lina. Saat ini sy sedang hamil 7 minggu. Yg ingin saya tanyakan : 1. Dikarenakan di daerah rumah tempat saya tinggal sering ada nyamuk, maka saat malam hari menjelang tidur saya biasa mengoleskan lotion anti nyamuk (SOffel) ke kaki dan tangan saya. Apakah ini bisa membahayakan janin saya? 2. Beberapa bulan yg lalu sebelum hamil, sy pernah dan sering mengalami gatal - gatal di vagina luar (bibir vagina), oleh dokter saya diberikan salep Inerson Desoximetasone untuk dioleskan tipis di bibir vagina. Kadang jika kambuh, saya oleskan kembali. Gatal - gatal ini kadang juga terjadi saat sy sudah hamil, dan kadang sy menggunakan salep itu kembali. Mohon informasinya apakah ini juga akan membahayakan janin saya? Saya tunggu jawaban dari Dokter. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda herlina sari(karaflowers), Sebaiknya anda menghindari penggunaan cream atau bahan-bahan kimiawi seperti yang terkandung di dalam kosmetika. Karena bahan-bahan tersebut dapat meresap kedalam kulit dan mengikuti aliran darah yang nantinya akan sampai ke janin anda. Apabila masalah anda adalah nyamuk, gunakan kelambu, bersihkan rumah anda, hindari barang-barang menumpuk di dalam ruangan sehingga nyamuk tidak dapat bersarang disana. Perhatikan ventilasi dan pencahayaan matahari untuk menjaga agar ruangan rumah anda tidak lembab. Apabila saat kehamilan daerah vagina anda terasa gatal, biasakan untuk menjaga daerah tersebut agar tetap kering dan tidak lembab, bila sehabis buang air kecil keringkan dengan baik, dan sebaiknya mengganti pakaian dalam bila terasa lembab, gunakan pakaian dalam yang nyaman dan terbuat dari bahan katun sehingga sirkulasi udara baik dan kulit tidak mudah menjadi lembab, jangan gunakan bedak atau cream pada daerah tersebut tanpa pemeriksaan dokter. Untuk memastikan bahwa rasa gatal itu disebabkan oleh jamur atau alergi, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, karena rasa gatal dapat disebabkan oleh jamur ataupun alergi yang tentunya memiliki perbedaan dalam pengobatan. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman