SITE STATUS
Jumlah Member :
317.126 member
user online :
2160 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bolehkah cabut gigi saat hamil?

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Bolehkah cabut gigi saat hamil? 18-February-2014
Oleh :


Dok,sebelum saya tau saya sedang hamil saya suka merasakan nyeri ngilu di gigi..lalu saya ke dokter gigi,,disarankan utk foto gigi dan setelah itu akan dilakukan perawatan tambalan gigi dan cabut gigi..setelah itu, saya baru melakukan test pack dan hasilny positif. yang ingin saya tanyakan,,kehamilan saya ini masih sangat muda,,masuk minggu ke 5..apakah tidak apa2 utk melakukan perawatan tambalan gigi dan cabut gigi saat hamil masih muda umurnya?? lalu bagaimana bila akan dilakukan tindakan anestesi pada saat cabut gigi?? terima kasih dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Selamat atas kehamilan anda. Pada wanita hamil, perlu memperhatikan kesehatan mulut dan gigi. Melakukan perawatan gigi dianjurkan untuk mencegah adanya infeksi lebih lanjut dan mengurangi efek yang terjadi akibat perubahan hormonal yang berdampak pada gusi. Pastikan anda memberitahu dokter gigi anda mengenai keadaan kehamilan anda, segala tindakan yang akan dilakukan oleh dokter gigi anda akan di sesuaikan dengan keadaan anda. Tindakan yang di rasa tidak terlalu mendesak (pemutihan gigi ataupun kosmetika) dapat di tunda sampai anda selesai melahirkan, namun perawatan gigi dan pencabutan gigi masih tergolong relatif aman, dan penggunaan obat-obatan juga akan di sesuaikan dengaan keadaan kehamilan anda. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman