SITE STATUS
Jumlah Member :
496.023 member
user online :
3815 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

bagaimana cara menghitung lamanya siklus haid

   

bagaimana cara menghitung lamanya siklus haid
Oleh :


Selamat malam dokter. saya sudah menikah. Ini tentang tamu bulanan saya, bulan november saya haid tanggal 12 sampai tanggal 17. Kemudian tanggal 2-3 desember saya mengalami nyeri seperti nyeri haid disertai keluarnya flek coklat, tanggal 4 desember fleknya sudah tidak ada lagi, nyerinya pun hilang. Sebelumnya haid saya teratur dan ini pertama kalinya saya haid 2 x dalam satu siklus (Menurut perhitungan saya). Karena saya tidak begitu mengerti cara menghitung siklus haid. Apakah wajar dok, saya haid 2x dalam waktu yang sangat berdekatan? Terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
   Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Para bunda pada umumnya memiliki siklus setiap 28 hari. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari terakhir sebelum haid berikutnya.  
   PMS atau premenstruasi syndrome dapat terjadi beberapa hari menjelang menstruasi. PMS ini dapat berupa nyeri kepala, perubahan mood ataupun flek-flek kecoklatan yang disebabkan oleh perubahan kadar hormonal menjelang menstruasi.  Saat menstruasi dapat juga ditemukan keadaan nyeri pada bagian perut bawah. Pada nyeri menstruasi dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu primer dan sekunder. Pada primer dysmenorrheal tidak ditemukan adanya kelainan atau penyakit pada organ reproduksi, sedangkan pada dysmenorrheal sekunder terdapat kelainan atau penyakit yang menimbulkan nyeri pada saat menstruasi. Apabila Anda telah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan kelainan, maka kemungkinan nyeri pada saat menstruasi tersebut disebabkan oleh adanya kontraksi uterus yang terlalu kuat. Pengobatan pada kasus ini adalah untuk mengurangi nyeri saat menstruasi, atau ada juga alternatif terapi hormonal yang bertujuan untuk mencegah terjadinya menstruasi alami, terapi hormonal ini dengan menggunakan pil hormonal yang di minum setiap harinya selama 21 hari. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Obsgyn mengenai hal ini.
   Nyeri pada saat menstruasi kerap dialami dan dianggap wajar bila hanya sesekali terjadi. Nyeri menstruasi dianggap perlu diperiksa lebih lanjut apabila nyeri sangat hebat atau sampai mengganggu aktifitas (tidak dapat melakukan aktifitas ataupun bekerja), secara rutin dirasakan setiap kali menstruasi. Nyeri yang seperti ini dapat dicurigai adanya gangguan seperti endometriosis. Ketika menstruasi, dapat juga terjadi gangguan buang air besar seperti diare ataupung perut kembung. Hal ini karena pengaruh hormonal yang juga mempengaruhi organ lain saat menstruasi. Bila nyeri terasa hebat sampai tidak dapat beraktivitas, periksakan pada dokter. Untuk meringankan rasa nyeri dapat dengan menggunakan botol hangat yang ditempelkan pada daerah nyeri, bertistirahat dan memakan makanan bergizi 
   Gangguan siklus menstruasi  dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan yang drastis, "over exercise"  maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi. Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini dapat berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya. Untuk mengatasi hal ini, dokter dapat memberikan terapi hormonal untuk mengatur siklus menstruasi.
Bunda sebaiknya dapat mengatur pola makan yang sehat juga olahraga dan istirahat yangs eimbang. Dengan keseimbangan gaya hidup yang baik maka ritme tubuh dan stress yang di hadapi tubuh dapat teratasi dengan baik sehingga diharapkan fungsi-fungsi hormonal dapat terjadi dengan baik.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman