SITE STATUS
Jumlah Member :
484.199 member
user online :
1670 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Test pack

   

Test pack
Oleh :


Dear ibu dokter, Hari ini saya sudah telat 11 hari dan hasil tp tadi pagi saya masih (-). Bulan lalu saya sempat telat 5 hari setelah itu haid melebihi hari biasanya sehingga dokter di sini, menganjurkan untuk minum norelut. pertanyaan saya, apakah kali ini saya juga mengalami gangguan hormon seperti bulan lau? atau ada hal lain mungkin ? Mohon saya diberikan penjelasannya,Bu. Terima kasih atas bantuannya,,
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
   Untuk permasalahan Bunda memang harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Gangguan siklus menstruasi memang dapat disebabkan oleh adanya masalah hormon tetapi tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain, maka itu pentingnya pemeriksaan oleh dokter dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau lainnya sesuai indikasi. Bila Bunda sudah pernah periksa pada dokter maka kali ini sebagai pemeriksaan lanjutan Bunda sebaiknya kembali pada dokter tersebut. Terapi dengan hormonal dapat dilakukan satu kali ataupun untuk beberapa siklus agar terjadi siklus yang teratur pada waktu berikutnya.
   Gangguan siklus menstruasi maupun adanya nyeri menstruasi (PMS) dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan atau kenaikan yang drastis, "over exercise"  maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi. Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya.
Untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan maka perlu adanya olahraga dan istirahat yang seimbang juga asupan nutrisi yang baik.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman