SITE STATUS
Jumlah Member :
288.603 member
user online :
5122 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KANDUNGAN KOSONG

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

KANDUNGAN KOSONG 18-February-2014
Oleh :


Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda Rahma Hasyim, Kehamilan kosong atau blighted ovum adalah suatu kehamilan yang terjadi ketika sel telur yang sudah di fertilisasi (sudah dibuahi) tertanam di dalam kandungan tetapi tidak mengalami pertumbuhan embrio. Walaupun kantung atau sac terus berkembang, namun pertumbuhan sel embrio itu sendiri tidak terjadi. Keadaan ini biasanya tampak pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) yaitu sebelum seorang wanita menyadari bahawa dirinya tengah hamil. Keadaan kehamilan kosong ini dapat memberkan tanda-tanda kehamilan selayaknya kehamilan normal sampai pada saat di lakukannya USG dan menunjukka gambaran kantung yang kosong (tidak adanya gambaran embrio atau janin). Saran saya, apabila anda merasa ragu, silahkan mengunjungi dokter spesialis obsgyn (spesialis kandungan) lain untuk mendapatkan opini kedua. Untuk terapi tergantung pada keadaan anda saat ini yang disarankan oleh dokter yang memeriksa anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman