SITE STATUS
Jumlah Member :
321.390 member
user online :
1131 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Epidural Apakah Memiliki Efek Samping?

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Epidural Apakah Memiliki Efek Samping? 18-February-2014
Oleh :


Dokter Tanti yang baik, saya sedang hamil 26 minggu dan ini kehamilan kedua setelah sebelumnya pernah blighted ovum satu kali. Mata saya minus 8 tapi dokter bilang bisa melahirkan normal (bila memungkinkan) tapi dengan bius epidural. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah epidural memiliki efek samping seperti sakit pinggang yang tidak sembuh-sembuh? Soalnya ada teman yang dioperasi caesar sudah 2 kali bilang dia sampai sekarang mengalami hal tersebut. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Anestesi epidural relative aman digunakan dalam persalinan, walaupun jarang terjadi, kemungkinan terjadinya komplikasi dan efek samping itu ada. Maka itu, hal yang terbaik adalah melakukan pencegahan terjadinya komplikasi, beritahu dokter anda tentang riwayat pengobatan yang anda dapatkan selama kehamilan atau menjelang operasi, beritahu dokter anda bila ada penyakit keturunan dalam keluarga anda, ataupun penyakit yang anda sedang alami saat ini (bila ada).Ketika melakukan dan selama dalam keadaan pembiusan, informasikan kepada dokter anda bila ada hal yang anda rasakan seperti rasa nyeri atau tidak nyaman.Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman