SITE STATUS
Jumlah Member :
292.922 member
user online :
4353 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pengaruh virus rubella pada janin yang dikandung

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Pengaruh virus rubella pada janin yang dikandung 18-February-2014
Oleh :


saya skrg hamil 11minggu dan terkena virus rubella dari campak. yang ingin saya tanyakan, pengaruh ke anak dlm kandungan apa ya? dan bagaimana solusinya? thanks
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Apabila ibu hamil menderita campak pada trimester pertama awal kehamilan, maka efek yang dapat terjadi adalah kecacatan pada janin yang disebut Congenital Rubella Syndrom (CRS), hal ini terjadi bila sang ibu tidak mempunya kekebalan tubuh terhadap virus rubella. Kekebalan tubuh di dapat dari vaksin ataupun infeksi virus rubella yang terjadi sebelum kehamilan. Apabila ibu hamil belum pernah terpapar virus rubella sebelumnya dan belum sama sekali vaksin sebelum kehamilan, maka harus menghindari kemungkinan tertular virus ini. Pantaulah terus kehamilan anda dengan pemeriksaan USG, diskusikan dengan dokter kandungan anda mengenai kemungkinan dan jalan terbaik yang akan dicapai. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman