SITE STATUS
Jumlah Member :
280.746 member
user online :
2372 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Dampak buruk KB Steril

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Dampak buruk KB Steril 18-February-2014
Oleh :


assalamualaikum dok, saat ini saya masih berusia 20 tahun tapi saya sudah mengandung anak yang ke-3 yang terdahulu dua-duanya dilahirkan secara cesar jadi yang ketiga saya disarankan cesar kembali setelah itu saya harus disteril apakah dampak buruknya terhadap kesehatan saya jika saya harus disteril diusia yang masih sangat muda ini? thanx
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Pelaksanaan KB steril pada wanita disebut tubektomi. Metodenya adalah dengan mengikat saluran tuba falopii agar sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma. Secara teori, ikatan pada tuba dapat dibuka kembali dan saluran tersebut dapat digunakan kembali untuk transportasi sel telur menuju rahim. Namun , terkadang pada saluran tersebut terjadi perlengketan karena pengikatan tersebut dan tak dapat menyalurkan sel telur ke dalam rahim sehingga tidak dapat terjadi kehamilan kembali. Sebaiknya anda berdiskusi dengan suami anda dan juga dokter anda secara matang mengenai metode KB ini. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman