SITE STATUS
Jumlah Member :
279.042 member
user online :
5645 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Apakah Pantangan Makanan untuk Penderita Reumatic Artritis?

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Apakah Pantangan Makanan untuk Penderita Reumatic Artritis? 18-February-2014
Oleh :


Dokt, Kedua pergelangan tangan saya terasa sgt sakit & kaku terutama pd saat kondisi & cuaca dingin. Rasa sakit ini sdh berlangsung hampir 6-7 minggu. Saya sdh periksa ke dokter Sp.PD dan divonis terkena Reumatic Artritis (RA). Saya diberi obat utk 7 hr, tetapi sampai dengan obat tsb habis mengapa rasa sakit di pergelangan tangan saya masih belum hilang jg. Memang pd saat saya mengkonsumsi obat tsb rasa nyeri nya hilang tetapi jika saya telat meminumnya apalagi kondisi ruangan sedang dingin rasa sakit itu pun sgt menyiksa kembali, dan sbg alternatif saya mengunakan koyo utk mengurangi & membantu menghangatkan pergelangan tangan saya. Yang ingin saya tanyakan adl; - Apakah ada makanan/minuman yg dipantangkan utk penderita RA? - Apakah penyakit reumatik ada hubungannya dgn mandi mandi malam? -Apakah yg dimaksd dgn autoimun, apakah itu artinya tubuh sy sudah berlebihan imun.....?? - Bukankah autoimun itu hanya terjadi pd penderita lupus? Atasan jawaban dan penjelasannya sy ucapkan terima kasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda Devina, Tubuh manusia memiliki alat pertahanannya sendiri yaitu suatu system imun. Apabila suatu organ diserang oleh system imunnya sendiri, hal itulah yang terjadi pada penyakit autoimun (autoimmune disease). Bukan berarti tubuh anda berlebihan immunitas, namun system imun pada tubuh anda mengenali organ anda sebagai musuhnya dan menyerang organ tersebut. Penyakit autoimmune contohnya adalah systemic lupus erythematosus, Sjogren syndrome, Hashimoto thyroiditis, rheumatoid arthritis, juvenile (type 1) diabetes,polymyositis, scleroderma, Addison disease, vitiligo, pernicious anemia, glomerulonephritis, dan pulmonary fibrosis. Penyebab pasti dari RA tidak diketahui, namun ada beberapa factor yang berperan yaitu: • genetic, • lingkungan yaitu adanya kecurigaan infeksi virus seperti Mycoplasma organisms, Epstein-Barr dan rubella viruses, bahkan jenis lainnya. • Hormonal, • Faktor imun. Mandi malam tidak berhubungan langsung dengan penyebab terjadinya RA, yang mungkin terjadi adanya bertambah beratnya keluhan karena dinginnya air dan udara pada mandi malam. Tidak ada pantangan makanan pada RA, sedangkan obat-obatan dan fisioterapi adalah sebagai pereda rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi ketika RA menyerang. Karena RA adalah suatu penyakit autoimun yang dapat datang dan pergi sewaktu-waktu dengan sendirinya. Demikian penjelasan saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman